Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 21:43 WIB

Dinsos Ajak Masyarakat Proaktif Laporkan ODGJ dan Pengemis


					Helmi Johan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang. (Foto: AB) Perbesar

Helmi Johan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang. (Foto: AB)

Kilas.co.id, Kepahiang – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang meminta pada masyarakat untuk proaktif melaporkan jika ada keluarga yang mengalami sakit kejiwaan atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) serta berprofesi sebagai Pengemis.

Nanti, jika administrasi kependudukan lengkap dan betul berdomisili di Kabupaten Kepahiang berdasarkan KTP, maka Dinsos akan melakukan rehabilitasi atau evakuasi dengan melakukan pengobatan menggunakan BPJS. Sebaliknya, jika ODGJ dan Pengemis bukan berdomisili di Kabupaten Kepahiang, Dinsos akan memulangkan ke pihak keluarga mereka.

“Adanya warga Kepahiang ODGJ dan Pengemis, maka akan dilakukan pengobatan dengan harapan bisa sembuh yang nantinya akan dibiayai melalui BPJS. Sebaliknya, jika ODGJ atau Pengemis bukanlah warga Kepahiang maka pihaknya akan berusaha untuk mengembalikan ke daerah asalnya,” kata Kepala Dinsos Kepahiang Helmi Johan.

“Yang jelas tindak lanjut akan dilakukan, sehingga Kabupaten Kepahiang ini benar -benar bebas dari ODGJ serta pengemis. Karena dari laporan yang kita terima, keberadaan mereka di Kabupaten Kepahiang sangat meresahkan,” lanjut Helmi.

Sekedar informasi, untuk tahun 2024, Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang akan fokus melakukan penertiban terhadap ODGJ dan Pengemis di sekitar Kabupaten Kepahiang. Keberadaan ODGJ dan Pengemis sering kali meresahkan masyarakat.

Langkah yang dilakukan Dinsos salah salah satunya melakukan penertiban dengan mendata lalu memulangkan ODGJ kepada pihak keluarga. Ada juga, dilakukan pengobatan menggunakan BPJS. Dengan harapan mereka yang mengalami gangguan jiwa dapat kembali sehat. (AB)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejaksaan Negeri Kepahiang Serahkan Bantuan untuk Masjid Desa Pungguk Meranti

18 Juli 2024 - 23:57 WIB

Menindak Lanjuti Arahan Kemendagri, Pemprov Bengkulu Lakukan Rapat Penyederhanaan Birokrasi Sebagai Wujud Tugas dan Fungsi Gubernur Wakil Pemerintah Pusat

18 Juli 2024 - 22:01 WIB

Pemprov Bengkulu Usulkan Pembangunan Bandara dan Pelabuhan ke Menteri Perhubungan

17 Juli 2024 - 23:17 WIB

Memperingati HUT RI Ke-79 Tahun, Pemprov Bengkulu Akan Menggelar Kirab Bendera Merah Putih dari Bundaran Fatmawati Sampai Ke Kediaman Bung Karno

17 Juli 2024 - 21:31 WIB

Kepahiang Mendapatkan Penghargaan KEMENDES PDDT Teknologi Tepat Guna Nusantara 2024

16 Juli 2024 - 14:07 WIB

Gubernur Bengkulu Minta Insiden Penembakan di Perkebunan Kelapa Sawit Tidak Kembali Terulang

15 Juli 2024 - 23:51 WIB

Trending di Pemerintahan