Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 21:43 WIB

Dinsos Ajak Masyarakat Proaktif Laporkan ODGJ dan Pengemis


					Helmi Johan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang. (Foto: AB) Perbesar

Helmi Johan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang. (Foto: AB)

Kilas.co.id, Kepahiang – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang meminta pada masyarakat untuk proaktif melaporkan jika ada keluarga yang mengalami sakit kejiwaan atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) serta berprofesi sebagai Pengemis.

Nanti, jika administrasi kependudukan lengkap dan betul berdomisili di Kabupaten Kepahiang berdasarkan KTP, maka Dinsos akan melakukan rehabilitasi atau evakuasi dengan melakukan pengobatan menggunakan BPJS. Sebaliknya, jika ODGJ dan Pengemis bukan berdomisili di Kabupaten Kepahiang, Dinsos akan memulangkan ke pihak keluarga mereka.

“Adanya warga Kepahiang ODGJ dan Pengemis, maka akan dilakukan pengobatan dengan harapan bisa sembuh yang nantinya akan dibiayai melalui BPJS. Sebaliknya, jika ODGJ atau Pengemis bukanlah warga Kepahiang maka pihaknya akan berusaha untuk mengembalikan ke daerah asalnya,” kata Kepala Dinsos Kepahiang Helmi Johan.

“Yang jelas tindak lanjut akan dilakukan, sehingga Kabupaten Kepahiang ini benar -benar bebas dari ODGJ serta pengemis. Karena dari laporan yang kita terima, keberadaan mereka di Kabupaten Kepahiang sangat meresahkan,” lanjut Helmi.

Sekedar informasi, untuk tahun 2024, Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang akan fokus melakukan penertiban terhadap ODGJ dan Pengemis di sekitar Kabupaten Kepahiang. Keberadaan ODGJ dan Pengemis sering kali meresahkan masyarakat.

Langkah yang dilakukan Dinsos salah salah satunya melakukan penertiban dengan mendata lalu memulangkan ODGJ kepada pihak keluarga. Ada juga, dilakukan pengobatan menggunakan BPJS. Dengan harapan mereka yang mengalami gangguan jiwa dapat kembali sehat. (AB)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu, Gubernur Prof Rohidin Pesan Agar Masyarakat Teruskan Nilai Ibadah Berkualitas

10 April 2024 - 19:12 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Pastikan Rumah Dalam Keadaan Aman Sebelum Mudik Lebaran

6 April 2024 - 23:27 WIB

Jelang Lebaran, Stok Gas LPG 3 Kg Aman

5 April 2024 - 23:45 WIB

Jembatan Rawa Makmur Kini Sudah Diperbaiki

5 April 2024 - 23:25 WIB

Trending di Pemkot Bengkulu