Menu

Mode Gelap

Berita 23:08 WIB

Simpang 4 Padang Harapan Kota Bengkulu Kini Resmi Berganti Nama Menjadi Bundaran Achmad Rusli


					Walikota Bengkulu Helmi Hasan (kopiah putih) bersama Rio Capela saat meresmikan Bundaran Achmad Rusli, Selasa 18 Juli 2023. (Foto: Rizal) Perbesar

Walikota Bengkulu Helmi Hasan (kopiah putih) bersama Rio Capela saat meresmikan Bundaran Achmad Rusli, Selasa 18 Juli 2023. (Foto: Rizal)

Kilas.co.id, Bengkulu – Simpang 4 Padang Harapan kini resmi berganti nama menjadi Bundaran Achmad Rusli. Nama Achmad Rusli diambil dari mantan walikota Bengkulu terdahulu yang pernah menjabat pada tahun 1989 sampai dengan 1992.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Wakil Walikota Dedy Wahyudi, Selasa malam 18 Juli 2023 resmi mengesahakan pergantian nama tersebut yang dihadiri langusng putra dari almarhum Achmad Rusli yakni Rio Capela.

Asalan perubahan simpang menjadi sebutan bundaran kata Helmi Hasan, itu ialah sebuah proses untuk menuju kota besar. Sehingga kedepan Kota Bengkulu tak kalah dengan kota-kota lainya yang ada di Indonesia.

Selaku putra dari almarhum Achmad Rusli, dalam kesempatan itu Rio Capela mengucapakan terimakasih kepada Walikota Bengkulu Helmi Hasan atas inovasi yang diluncurkanya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Walikota Helmi Hasan atas inovasi, ide, gagasan dalam memberikan nama bundaran ini. Mungkin simpang ini dulu tak ada namanya, tak ada arti. Tetapi ditangan Helmi kini simpang ini menjadi bundaran yang punya nilai sejarah,” ungkap Rio pada saat memberikan kata sambutan.

Rio tak menyangka nama orang tuanya kini resmi menjadi nama sebuah bundaran. Dengan pemberian nama Achmad Rusli ini, generasi-generasi millennial diharapkan dapat mengetahui sejarah pemimpin Kota Bengkulu diwaktunya.

Menurutnya, ini penghargaan yang sangat luar biasa. “Jika saya disuruh pilih uang 2-3 miliar agar bundaran ini tak bernama. Saya lebih pilih nama ini (Bundaran Achmad Rusli) dari pada uang,” katanya.

Baca juga: https://www.kilas.co.id/plang-nama-bundaran-baru-segera-dipasang/

Sementara itu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan, penamaan bundaran ini semata-mata ialah untuk menghargai jasa mantan-mantan Walikota terdahulu dalam memajukan Kota Bengkulu melalui inovasinya.

Dengan bergantintya nama walikota terdahulu, kata Helmi ini bentuk dari mengingat sejarah. Ia menginginkan generasi milenial memiliki mental pejuang atau petarung dan tak lupa akan sejarah, seperti yang dikatakan Bung Karno “jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah)”.

“Bangsa kita ini seakan-akan menjadi bangsa yang tak besar. Bangsa yang tidak berani berdiri di kaki sendiri. Karena salah satunya ialah kita masih bermental-mental terjajah. Kita masih bangga mengelu-elukan penjajah dari pada putra-putri terbaik bangsa. Penjajah lebih mendapatkan kemuliaan dari pada putra-putri yang berkeringat untuk membangun bangsa dan kota kita,” ucap Helmi.

Dengan berlandaskan sejarah dan menghargai jasa merekalah, Walikota Helmi menyematkan beberapa nama bundaran dengan nama mantan Walikota Bengkulu terdahulu.

“Kita rapat di Pemerintah Kota Bengkulu. Saya katakan, saya ingin simpang-simpang dirubah menjadi bundaran agar orang tahu, dunia tahu bahwa Kota Bengkulu ialah sebuah kota besar penuh sejarah yang tak kalah dengan Kota Jakarta, Kota Makassar dan tidak kalah dengan kota-kota yang ada di Eropa,” ujarnya.

“Kalau di Jakarta itu ada Bundaran HI, maka disini ada Bundaran Ahcmad Rusdi. Dan Alhamdulillah keluarga besar tadi menyetujuinya. Adapun simpang menjadi bundaran ialah sebuah proses untuk kita menuju sebagai kota yang besar. Kalau orang kemudian mengatakan Kota Bengkulu bukan kota besar, kota yang kalahan, maka saya katakan tidak,” lanjut Helmi.

Sebagai informasi, bundaran Achmad Rusli memiliki tugu debgan ornamen-ornamen tulisan selamat datang, dengan redaksi ‘Selamat Datang di Bumi Merah Putih’.

Kemudian, di bawah tugu, ada ornamen-ornamen khas Bengkulu, seperti alat musik dol, senjata, dan carano. Adapun renovasi ini juga bagian penataan wajah Kota Bengkulu agar terlihat lebih cantik dan indah. (AB)

Baca juga: https://www.kilas.co.id/helmi-hasan-berencana-mengganti-nama-persimpangan-jalan-menjadi-nama-walikota-terdahulu/

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dewan Ingatkan Pemudik Untuk Mengedepankan Kewaspadaan Saat Mudik Lebaran

13 April 2024 - 22:48 WIB

Mudik Kampung Halaman Istri (KAUR) Produktif, Penyuluh Agama Binduriang Sampaikan Pesan Dakwah Mimbar Jum’at

12 April 2024 - 18:56 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Dewan Minta Pemerintah Provinsi Bengkulu Menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur Di Daerah

8 April 2024 - 21:05 WIB

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Zulasmi Octarina Mengajak Masyarakat Menikmati Objek Wisata Lokal Saat Libur Lebaran

7 April 2024 - 21:32 WIB

Trending di Pemerintahan