Menu

Mode Gelap

Berita 16:02 WIB

Menu Buka Puasa Sehat dan Kaya Nutrisi


					Ilustrasi. (Foto: Ist) Perbesar

Ilustrasi. (Foto: Ist)

Kilas.co.id – Tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup selama menjalankan ibadah puasa. Nutrisi selama berpuasa dapat diperoleh dari makanan saat berbuka puasa dan sahur. Simak rekomendasi menu buka puasa sehat yang dapat melegakan perut setelah seharian tidak makan dan minum.

Makan-makanan sehat diperlukan karena selama puasa menahan lapar dan tidak ada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung nutrisi tinggi agar tubuh tidak merasa kelelahan.

Berikut rekomendasi makanan sehat kaya nutrisi yang bisa dijadikan menu buka puasa seperti dilansir dari laman Siloam Hospitals. Pilih menu-menu makanan sehat yang dapat mengembalikan stamina tubuh setelah berpuasa.

1. Kurma

Kurma, adalah buah yang cukup populer ketika memasuki bulan puasa. Selain memiliki rasa manis, kurma rupanya mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat sederhana yang berfungsi dalam mengembalikan sumber energi setelah berpuasa.

Tak hanya itu, kandungan serat dalam kurma juga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang sehingga bisa mencegah keinginan untuk makan berlebih. Pasalnya, makan berlebihan setelah berpuasa dapat menyebabkan perut kembung atau terasa nyeri.

2. Air Mineral

 

Air mineral merupakan minuman buka puasa sehat yang tak boleh terlewatkan. Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan cairan dan jika tidak segera diganti dapat menyebabkan dehidrasi atau bahkan bisa berujung ke kondisi yang lebih serius.

Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh secara berkala sejak berbuka hingga sahur. Gunakan metode 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas di sela-sela waktu berbuka dan sahur, serta dua gelas saat sahur.

3. Buah-buahan

Selain kurma, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan lain sebagai menu buka puasa sehat. Tidak hanya memiliki rasa yang segar, buah-buahan juga mengandung banyak manfaat bagi Anda yang sedang menjalankan puasa keesokan harinya.

Anda dapat mengolah buah-buahan dalam berbagai bentuk menu, misalnya salad, kolak, atau sup buah. Beberapa buah yang direkomendasikan untuk berbuka adalah semangka, kelengkeng, dan strawberry karena memiliki kandungan vitamin yang tinggi.

4. Sup Sayur

Untuk mengembalikan cairan tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi sup sayur sebagai menu buka puasa sehat. Anda dapat membuat sup dengan campuran sayur segar, seperti wortel dan sawi.

Anda juga bisa menambahkan daging ayam, bakso sapi, atau jamur agar lebih lezat. Daging dalam sup memiliki asupan protein yang tinggi sehingga dapat mengembalikan energi tubuh. Dengan mengonsumsi sayur dan daging, Anda bisa mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

5. Daging Ayam

Menu buka puasa sehat berikutnya adalah daging ayam tanpa kulit. Daging ayam mengandung berbagai nutrisi, mulai dari protein, vitamin, hingga mineral, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh ketika berpuasa.

Di samping kandungan nutrisinya yang beragam, daging ayam juga bisa diolah menjadi berbagai variasi menu. Anda dapat mengolah ayam dengan cara dipanggang, direbus atau dibuat sup, soto, opor, dan masih banyak lagi.

6. Oatmeal

Manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh cukup beragam, termasuk saat berpuasa. Oatmeal bisa menjadi salah satu menu buka puasa sehat karena kaya akan serat. Sehingga, Anda lebih cepat kenyang dan terhindar dari keinginan makan berlebih. Selain itu, oatmeal juga tergolong dalam makanan yang praktis untuk disajikan saat berpuasa.

7. Ikan

Selain daging ayam, Anda juga bisa memasukkan ikan sebagai menu buka puasa sehat. Pasalnya, ikan merupakan sumber protein dan vitamin B yang dapat membantu mengembalikan energi setelah Anda menahan lapar selama beberapa jam. Pilihlah jenis ikan yang mengandung lemak baik (omega-3), seperti ikan salmon, tuna, atau sarden.

Penulis: Andes

Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sukatno Figur Layak Diperhitungkan Maju di Pilgub Bengkulu 2024

22 April 2024 - 15:02 WIB

Pemkot Bengkulu Serahkan Bantuan Beras dan Mie Instan untuk Masyarakat Kabupaten Lebong yang Terkena Banjir

19 April 2024 - 23:30 WIB

Luas Persawahan di Kepahiang Terus Menyusut, Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Maksimalkan Lahan yang Ada

19 April 2024 - 20:47 WIB

Bapenda Tegaskan, Tarif Parkir Sesuai Aturan, Lebih Dari Itu Pungli

18 April 2024 - 22:57 WIB

Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Ditanami Hortikultura

18 April 2024 - 22:01 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Optimis Hasil Panen Padi dan Jagung Lampaui Target Nasional

18 April 2024 - 18:01 WIB

Trending di Bengkulu Utara