Menu

Mode Gelap

Pemkot Bengkulu 23:25 WIB

Jembatan Rawa Makmur Kini Sudah Diperbaiki


					Dinas PUPR Kota Bengkulu terlihat sedang melakukan perbaikan jalan di jembatan rawa makmur, Jumat, 5 April 2024. (Foto: AB) Perbesar

Dinas PUPR Kota Bengkulu terlihat sedang melakukan perbaikan jalan di jembatan rawa makmur, Jumat, 5 April 2024. (Foto: AB)

Kilas.co.id, Kota Bengkulu – Setelah viral di media sosial protes warga atas banyaknya lobang di jembatan Rawa Makmur Kota Bengkulu dengan memasang spanduk bertliskan ‘Tunggu Korban Baru Perbaikan’, ‘Kolam Lobang Jalan’ dan ‘Jalannya Bolong-Bolong, Perbaikan Omong Kosong’, kini jalan tersebut sudah diperbaiki.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu, Jumat, 5 April 2024 telah melakukan perbaikan.

“Kami dari Pemkot Bengkulu yakni dinas PUPR hari ini akan menutupi lubang di jembatan Kampung Kelawi,” ujar Kadis PUPR Noprisman melalui Kabid Bina Marga Denny Saputra.

Denny melanjutkan, lobang yang akan diperbaiki dengan cara di cor menggunakan mobil molen, sebelumnya dilakukan penggalian terlebih dahulu.

“Kita akan gali dulu lubang jalan yang ditutupi koral ini karena mempengaruhi beban yang ada di atas jembatan ini. Kalau langsung kita tutup otomatis bebannya akan bertambah,” kata Denny.

Sebelumnya, kata Denny, Pemerintah Kota Bengkulu tahun lalu sudah melakukan pengaspalan jalan dari simpang Kampung Bali sampai ke pangkal jembatan tersebut. Namun, sengaja belum dilakukan perbaikan untuk jalan jembatan karena pihaknya belum mengetahui konstruksi jembatan.

Baca juga: https://www.kilas.co.id/setelah-diprotes-jalan-berlubang-di-jembatan-rawa-makmur-akan-diperbaiki/

“karena jembatan ini sudah lama. Dan pada awal pembangunannya, jembatan ini bukan dibangun oleh pemda Kota Bengkulu. Kalau kita langsung hotmix di akhir 2023 kemarin, otomatis beban jembatan ini malah semakin bertambah,” jelas Denny.

Untuk pengaspalan jembatan tersebut, lanjut Denny, dengan lebar sekitar 6 meter dan panjang sekitar 50 meter bisa menambah beban berat sekitar 40 ton lebih. Dan bila langsung dihotmix otomatis jembatan ini bebannya malah semakin bertambah. Belum lagi dilintasi kendaraan berat.

“Makanya kita takut nanti jembatan ini ambruk sehingga jadi lebih fatal lagi. Nah untuk sementara ini, untuk kelancaran bersama dan untuk kenyamanan pengendara selama Idul Fitri kita akan menutup sementara lubang dengan cara dicor. Penutupan lubang jembatan ini sebenarnya memang sudah kita rencanakan jauh-jauh hari,” ujar Denny.

Kemudian untuk rencana pengaspalan, sambung Denny di tahun ini juga sudah dianggarkan paket hotmix jembatan Kampung Kelawi yang rencananya pekerjaannya dimulai Juni atau Juli setelah proses lelang.

Pantauan di lapangan, penutupan lubang jalan berlangsung tidak lebih dari 2 jam dan tidak mengganggu arus lalu lintas karena jembatan yang sedang diperbaiki ditutup sementara sehingga kendaraan dari simpang Kampung Bali dan dari Rawa Makmur dibuat 1 jalur. (AB)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sebelum Menikah, Kini Calon Pengantin Harus Memiliki Sertifikat Elsimil

16 Mei 2024 - 23:31 WIB

Taufik Tegaskan Bantuan Benih Padi Dari Pemerintah Pusat Jangan Perjual Belikan

15 Mei 2024 - 23:34 WIB

Hewan Kurban Iduladha Harus Miliki SKKH

15 Mei 2024 - 23:10 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Salurkan Bantuan Bibit Cabe Dari Pemerintah Pusat Untuk Kelompok Tani

14 Mei 2024 - 23:57 WIB

Dukling Stanby di Selebar, Beri Layanan Perekaman Hingga Ganti Foto KTP

13 Mei 2024 - 23:42 WIB

Agar Terlihat Rapi dan Terawat, Dinsos Pangkas Rumput di Makam Pahlawan

12 Mei 2024 - 22:20 WIB

Trending di Berita