X

DPRD Kota Bengkulu Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Walikota Tahun 2022

Wakil Walikota Dedy Wahyudi saat penyerahan laporan pertanggungjawaban LKPJ pada Ketua DPRD Kota Bengkulu Supriyanto didampingi Wakil Ketua I Marliadi dan Wakil Ketua II Alamsyah, Selasa 2 Mei 2023. (Foto: Widodo)

Kilas.co.id, Kota Bengkulu – Rapar Paripurna yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu, Selasa 2 Mei 2023 dengan agenda penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota tahun 2022 berlangsung khidmat.

Ketua DPRD Kota Bengkulu Supriyanto memimpin langsung rapar Paripurna tersebut dengan dihadiri seluruh anggota dewan dan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi yang mewakili Walikota Helmi Hasan serta dihadiri seluruh unsur Forkopimda.

Dalam laporannya, alokasi anggaran pendapatan tahun 2022 senilai Rp 1,2 triliun. Sedangkan untuk alokasi anggaran belanja daerah sebesar Rp 1,2 triliun. Sementara itu untuk penerimaan pembiayaanya daerah sebesar Rp 60 miliar dan pengeluaran pembiayaan Rp 83 miliar.

Wakil Walikota Dedy Wahyudi dalam kesempatan itu menyampaikan rasa syukur atas capaian Pemerintah Kota Bengkulu selama lima tahun terakhir dalam membangun program-program strategis yang berhasil dicapai diantaranya Kota Merah Putih di Kelurahan Sebakul yang saat ini sudah dibangun gedung Balai Kota dengan ukuran besar.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi. (Foto: Widodo)

“Pertama alhamdulillah Kota Bengkulu terus berkembang dan kita membuat satu kawasan ekonomi baru, kawasan merah putih. Berkat dukungan dewan semua kita sudah punya balai kota merah putih sebagai pengganti balai kota yang sekarang menjadi MPP. Kita juga bersyukur Kota Bengkulu sudah punya dua rumah sakit yakni RSHD dan RSTG,” sampainya.

Dalam kesempatan istimewah itu Dedy juga menyampaikan keberhasilan Kota Bengkulu yang saat ini sudah memiliki rumah singgah yang berada di Jakarta. Tempat itu saat ini kata Dedy hampir setiap hari dimanfaatkan masyarakat terutama dari Kota Bengkulu untuk menginap secara gratis.

Begitu juga BPJS gratis untuk masyarakat kurang mampu. Secara masif Pemerintah Kota Bengkulu memberikan BPJS gratis pada masyarakat untuk memudahkan mereka berobat.

Pada kesempatan itu Dedy juga menyampaikan berdsarkan Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini di Kota Bengkulu pembangunan jalan sudah hampir mencapai 97 persen yang dikemas dalam program 1000 jalan mulus.

DPRD Kota Bengkulu saat menggelar rapat Paripurna tentang penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota tahun 2022. (Foto: Widodo)

“Selama 5 tahun terakhir kita juga terus melanjutkan program 1000 jalan mulus. Kemudian termasuk juga kita realisasikan program lampu jalan, kemudian alhamdulillah 4 tahun berturut-turut mendapatkan WTP dan kita akan mendapatkan kembali WTP yang kelima,” kata Dedy.

Begitu juga kata Dedy dalam penurunan angka stunting. Pemerintah Kota Bengkulu berhasil menurunkan angka stunting dari 22 persen turun mencapai 12 persen. “Artinya mengalami penurunan  10 persen,” papar Dedy.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bengkulu Suprianto menyampaikan, rapat Paripurna ini dapat berlangusung sesuai mekanisme.

Sebelumnya kata Suprianto dewan terlebih dahulu membuat Pansus untuk membuat LKPJ yang terdiri dari 10 orang dari seluruh fraksi yang ada di DPRD Kota Bengkulu. (AB)

Redaksi Kilas: