Menu

Mode Gelap

Berita 11:20 WIB

Warga Sebut, Bangunan View Tower Sudah Layak Diganti dengan Bangunan Baru


					Bangunan View Tower. (Foto: Dok) Perbesar

Bangunan View Tower. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Warga Kelurahan Sumur Meleleh, Kota Bengkulu, Suwito, menilai bangunan View Tower yang diresmikan sejak tahun 2012 lalu dinilai sudah sangat membahayakan keselamatan warga Bengkulu, khususnya yang berkunjung di sekitar area View Tower. Menurut nya, bangunan itu sudah layak diganti dengan bangunan baru.

“Dirobohin aja ganti yang baru, bangunan sekarang (View Tower) parah lihat seng di atas udah rapuh. Kita juga duduk di bawah ngeri ada angin (tertimpa kita), apa lagi Bengkulu ini kan sering badai,” kata Suwito, Selasa, 30 April 2024 lalu.

“Kita warga setempat setuju dirobohkan atau mau diganti apa, di sini kan sore-sore tempat santai orang ingin mendekat ke View Tower itu takut,” lanjutnya.

Keterangan Suwito, bangunan View Tower di Lapangan Merdeka sudah belasan tahun terbengkalai sehingga selayaknya bangunan tersebut dirobohkan dan diganti dengan bangunan yang baru.

Di sisi lain, Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar menyampaikan bahwa sesungguhnya komitmen dari bapak Gubernur Rohidin terkait hal ini sangat jelas. Yaitu tetap menjaga, memelihara dan meneruskan apa yang telah dibangun oleh pemimpin daerah pendahulunya.

Namun ada pertimbangan lain setelah Pemerintah Provinsi Bengkulu melakukan kajian teknis bersama Balai Cipta Karya terkait rencana penghapusan aset View Tower tersebut.

Hasilnya, secara perhitungan bangunan View Tower sudah tidak memungkinkan lagi untuk direnovasi.

“Komitmen Pak Gubernur sudah jelas terkait ini, namun memang ada situasi kondisi tertentu yang mengharuskan suatu aset tersebut dihapuskan, salah satunya View Tower dari kajian teknis Balai Cipta Karya dari sisi kelayakan sudah tak layak kalupun direnovasi tidak memùngkinkan lagi,” tambah Khairil Anwar.

Meski demikian, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga akan meminta pandangan dari Tokoh Masyarakat Bengkulu agar dapat memberikan pandangan terhadap rencana Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk menghapuskan aset View Tower.

Total, estimasi anggaran penghapusan aset View Tower akan menelan biaya sebesar 10 miliar dengan target penghapusan dimulai pada tahun depan. (AB)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bahan Kebutuhan Pokok Menjelang Idul Adha di Kepahiang Tergolong Stabil

15 Juni 2024 - 00:04 WIB

Kopi Kepahiang Akan Menjadi Produk Unggulan Kancah Nasional di Pameran Apkasi

14 Juni 2024 - 23:45 WIB

Kajati Bengkulu yang Baru Siap Bersinergi dengan Pers

13 Juni 2024 - 12:18 WIB

Kabar Gembira, Gaji 13 ASN Pemkot Bengkulu Segera Cair

13 Juni 2024 - 11:33 WIB

Perwal BPHTB Kini Bayar PBB Merujuk Berdasarkan Transaksi dan NJOP

12 Juni 2024 - 23:38 WIB

Pejabat Walikota Lantik Eko Agusrianto Jadi Pejabat Sekda Pemkot Bengkulu

12 Juni 2024 - 22:53 WIB

Trending di Pemkot Bengkulu