Menu

Mode Gelap

Berita 11:24 WIB

Warga Kepahiang Diminta untuk Tidak Panik Jika Ketemu ODGJ, Segera Lapor Dinsos


					Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan. (Foto: AB) Perbesar

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan. (Foto: AB)

Kilas.co.id, Kepahiang – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan mengajak masyarakat bersama menangani ODGJ yang selama ini kerap membuat masyarakat resah. Menurut mereka, penanganan ODGJ tidak bisa menghandalkan Dinsos, namun harus ada partisipasi masyarakat.

Salah satu yang mereka maksud adalah memberikan informasi keberadaan ODGJ disekitar Kabupaten Kepahiang. Dengan laporan masyarakat tersebut, nantinya Dinsos akan turun kelokasi untuk melakukan penanganan.

“Jadi ini adalah tugas kita bersama, bukan cuma tugas Dinsos saja. Salah satu yang bisa dilakukan masyarakat adalah, memberikan informasi secara akurat kepada kami,” ujarnya.

Baca juga: https://www.kilas.co.id/dinsos-minta-masyarakat-berpartisipasi-beri-tahu-informasi-odgj-yang-sempat-meresahkan-masyarakat-ujan-mas-dan-merigi/

Karena yang terjadi selama ini, Dinsos mengalami kesulitan mencari ODGJ yang dilaporkan masyarakat.

Nanti, lanjut Helmi, setelah menenmukan keberadaan ODGJ tersebut, Dinsos akan melakukan beberapa mekanisme dalam penanganannya, seperti, assesment ke lapangan, pembuatan rekomendasi bagi ODGJ untuk dirawat di RSJ, pengiriman pasien ODGJ ke RSJ (didampingi keluarga), dan perawatan/rehabilitasi yang lamanya tergantung dari RSJ.

“Jadi berbekal dari informasi tersebut, kami akan tindaklanjuti dengan langkah penanganan yang sesuai dengan prosedur tersebut,” ungkapnya.

Belakangan ini, Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang terus menerima lapran masyarakat terkait ODGJ yang kerap berkeliaran di lingkungan masyarakat. Kadang, masyarakat merasa terganggu. Sehingga jika ini tidak ditangani serius akan dapat membuat persoalan baru.

Keseriusan Dinsos dalam merespon laporan masyarakat yaitu langsung mendatangi lokasi yang dimungkinkan tempat ODGJ beristirahat. Namun jarang ditemukan keberadaan ODGJ. Karena mereka sering berpindah-pindah. (AB)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bahan Kebutuhan Pokok Menjelang Idul Adha di Kepahiang Tergolong Stabil

15 Juni 2024 - 00:04 WIB

Kopi Kepahiang Akan Menjadi Produk Unggulan Kancah Nasional di Pameran Apkasi

14 Juni 2024 - 23:45 WIB

Kajati Bengkulu yang Baru Siap Bersinergi dengan Pers

13 Juni 2024 - 12:18 WIB

Kabar Gembira, Gaji 13 ASN Pemkot Bengkulu Segera Cair

13 Juni 2024 - 11:33 WIB

Perwal BPHTB Kini Bayar PBB Merujuk Berdasarkan Transaksi dan NJOP

12 Juni 2024 - 23:38 WIB

Pejabat Walikota Lantik Eko Agusrianto Jadi Pejabat Sekda Pemkot Bengkulu

12 Juni 2024 - 22:53 WIB

Trending di Pemkot Bengkulu