Menu

Mode Gelap

Berita 22:11 WIB

Tiga Poin yang Dapat Diterapkan Dalam Membangun Wisata Desa


					Desa wisata air terjun sengkuang, Kepahiang Perbesar

Desa wisata air terjun sengkuang, Kepahiang

Kilas.co.id, Kepahiang – Perwakilan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata Hariyanto menyebut, ada tiga poin yang dapat diterapkan daerah untuk mengembangkan wisata desa dan potensi desa berkaitan dengan wisata. Pertama wisatawan, pengelola, dan masyarakat destinasi.

Dimaksud dengan wisatawan kata Hariyanto adalah orang yang melakukan perjalanan ke suatu daerah dengan tujuan utama untuk berlibur, bersantai, atau melakukan kegiatan rekreasi. Pengelola adalah, serangakian manajemen yang merujuk kepada fungsi melekat pada peran planning (perencanaan), directing (mengarahkan), organizing (koordinasi), dan controlling (pengawasan).

Sedangkan masyarakat destinasi adalah, mereka yang tinggal di desa terlibat aktif dalam mengembangkan potensi wisata yang ada dan menerima manfaat dari pengembangan pariwisata.

“Ketiga komponen ini harus dijalankan dengan selaras dalam upaya mendorong dan mengembangkan wisata desa yang berkualitas,” kata Hariyanto dalam acara forum penguatan tata kelola destinasi pariwisata di Kabupaten Kepahiang, Rabu 26 Juni 2024.

Peserta acara forum penguatan tata kelola destinasi pariwisata di Kabupaten Kepahiang saat foto bersama. (Foto: Andes)

Acara yang banyak dihadiri perwakilan pengelola destinasi wisata, desa wisata, aktivis pariwisata, dan organisasi wisata tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dalam mengelola dan mengembangkan wisata yang ada di desa.

Dengan harapan, Kabupaten Kepahiang menjadi daerah wisata. Sehingga dalam setiap tahun banyak dikunjungi wisatawan. Tentu dapat menambah pendapatan masyarakat di desa dalam ekonomi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Kepahiang Rudi A. Sihaloho yang turut hadir dan saat memberikan kata sambutan, memberikan apresiasi acara tersebut.

Kata Rudi, kegiatan ini sangat baik untuk mengembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Kepahiang dan tata kelola yang terarah.

“Semoga ini berkelanjutan. Karena ini dapat mengembangkan destinasi pariwisata di Kabupaten Kepahiang,” tuturnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Kepahiang adalah suatu daerah pegunungan kaya akan wisata alam. Hampir setiap akhir pekan, daerah itu banyak dikunjungi wisatwan dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan wisata yang masih melekat dengan alam.

Salah satu contoh, kebun teh yang berada di kabawetan, air terjun, kolam pemandian. (Andes)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kopi Kepahiang Kini Sudah Masuk Pasar Internasional, Pak Sahid Coffee Sudah MoU dengan Kopinada

19 Juli 2024 - 00:00 WIB

Stand Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang Dinobatkan Stand Paling Kreatif

17 Juli 2024 - 23:30 WIB

Semangati Siswa Baru Mengikuti MATSAMA, Kakankemenag Kepahiang; Jadikan Kegiatan Ini Mengenal Lebih Dalam Madrasah

16 Juli 2024 - 23:12 WIB

Kakankemenag Kepahiang Tegaskan, ASN dan Non ASN untuk Tidak Bermain Judi Online

16 Juli 2024 - 22:41 WIB

Kejati Bengkulu Saat Ini Memiliki Dua Aplikasi Untuk Memberikan Kemudahan Pelayanan Pada Masyarakat

15 Juli 2024 - 23:19 WIB

Pria Buruh Petik Kopi di Kepahiang Ditemukan Gantung Diri di Pohon Jambu

12 Juli 2024 - 23:42 WIB

Trending di Berita