Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 16:14 WIB

Seluma Berbudaya dan Beragama, Pemkab Gelar Lomba Bahasa Ibu di Alun-alun Kota Tais


					Seluma Berbudaya dan Beragama, Pemkab Gelar Lomba Bahasa Ibu di Alun-alun Kota Tais Perbesar

Kilas.co.id, Seluma – Mewujudkan Seluma Berbudaya dan Beragama Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma mengelar lomba Bahasa Ibu, Pameran Pendidikan,UMKM bertempat di Alun-alun Kota Tais. Rabu, 22 Mei 2024.

Lomba bahasa ibu terdiri dari lomba berejung dan bercerita mengunakan bahasa Serawai bahasa asli suku Serawai Kabupaten Seluma.
Kegiatan perlombaan serta pameran ini di laksanakan merupakan rangkaian dari kegiatan HUT Kabupaten Seluma yang ke-21.

Mewakili Bupati Seluma Erwin Octavian, Sekertaris Daerah H. Hadianto membuka secara resmi pagelaran Pameran Pendidikan dan UMKM serta Lomba Bahasa Ibu Tingkat SD dan SMP.

“Sesuai dengan program unggulan Pemerintah Daerah yang salah satunya yakni Seluma Berbudaya dan Beragama hari ini di gelar pelaksanaan lomba, semoga melalui kegiatan ini adat istiadat budaya dan nilai agamis di suku serawai kembali tertanam di kalangan anak-anak remaja sebagai penerus masdepan seluma,” Sampai Sekda H.Hadianto Mewakili Bupati Seluma.

Mewakili Bupati dirinya berharap kepada masyarakat Kabupaten Seluma untuk senantiasa selalu menjaga dan merawat budaya asli suku serawai sehinga Seluma Berbudaya Dan Beragama benar-benar terwujud.

“Jika hanay pemerintah jika hanya pejabat saja tentu seluma yang berbudaya beragama tidak mungkin kita capai, dari itu kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama mewujudkan Seluma Berbudaya dan Beragama melalui tetap melestarikan Budaya peninggalan nenek moyang kita,” Ajak Hadianto.

Sementara itu, selaku Ketua Panitia, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Seluma Farzian, menyampaikan, Kegiatan pameran serta perlombaan dalam rangka HUT Kabupaten Seluma yang ke-21 tersebut terlaksana berkat kerjasama Disdikbud beserta jajaran.

“Perlombaan ini bertujuan untuk mewujudkan program Seluma Berbudaya dan Beragama, melalui perlombaan Bahasa Ibu kita berharap anak-anak terutama sebagai penerus memahami serta melestarikan budaya peninggalan budaya asli suku serawai, karena seluma sangat identik dengan budaya, dan ini adalah salah satu langkah untuk melestarikannya,” Sampai Farzian.

Perlombaan bahasa Ibu ini sendiri terdiri dari dua jenis yakni yang pertama lomba berejung dan lomba bercerita mengunakan bahasa asli serwai.

“Menampilkan lomba berejung dan bercerita yang tujuannya untuk membangkitkan lagi budaya yang hampir punah. Tugas kita bersama untuk tetap menjaga warisan budaya ini,” Akhir Farzian. (Tomi)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pengumuman Untuk Warga Seluma, Siapkan KTP dan KK, Pantarlih Datang Kerumah Anda

12 Juni 2024 - 14:49 WIB

Pastikan Dapat Dukungan Partai Demokrat, Erwin Kembalikan Formulir Pendaftaran

12 Juni 2024 - 10:37 WIB

Lomba Foto dan Vidio Parpora Resmi Ditutup, Wabup Berikan Apresiasi Kepada Peserta yang Telah Mengikuti

12 Juni 2024 - 09:05 WIB

30 Pengusaha UMKM Kopi Kepahiang Dapat Pelatihan Roasting dari Kementerian Koperasi dan UKM

8 Juni 2024 - 11:57 WIB

Desa di Kecamatan Seberang Musi Masih Ada Blank Spot

4 Juni 2024 - 22:55 WIB

Bupati Seluma Lantik Lima Anggota BPD, Ini Pesan Bupati Erwin

4 Juni 2024 - 15:48 WIB

Trending di Kilas Seluma