Menu

Mode Gelap

Provinsi Bengkulu 20:35 WIB

Sekda Bengkulu Minta Pelayanan Pengobatan Gratis Menggunakan JKN Dipermudah


					Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri. (Foto: Dok) Perbesar

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri mendorong Pelayanan Berobat Gratis menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dipermudah. Pesan itu disampikanya pada saat rapat Komunikasi Universal Health Coverage (UHC) tahap I Tahun 2024 Jumat, 21 Juni 2024  diruangan Rafflesia kantor Gùbernur Bengkulu.

“UHC kita sudah 99% tapi ternyata UHC itu syarat pelayananya (kartu pesertanya) yang aktif selama ini memang banyak. Tapi kartu BPJS Masyarakat yang aktif itu tak membayar iuran na proses pengaktifkan ini yang dibahas,” Kata Sekda Isnan Fàjri

Secara mekanisme, untuk pengaktifkan kepesertaan UHC ini, masyarakat Bengkulu harus melaporkan ke Dinkes Provinsi Bengkulu terlebih dahulu untuk dilakukan cross chek pendataan mendalam.

Baca juga: https://www.kilas.co.id/dewan-tekankan-berobat-menggunakan-bpjs-masyarakat-jangan-dipersulit/

Setelahnya, laporan yang diterima Dinkes Provinsi Bengkulu tersebut, Pemerintah Daerah bisa mengecek mana masyarakat yang masuk dalam kuota UHC yang dibayarkan Pemerintah untuk nanti dikordinasikan ke BPJS Kesehatan.

“Kalau kuota yang dibayarkan masuk dalam anggaran Pemerintah bisa diaktifkan langsung, na kalau yang tidak itu yang susah proses pengaktifkannya ini harus lapor ke Dinkes terus BPJS baru bisa diaktifkan” Tambah Sekda Isnan Fajri.

Program Jaminan Kesehatan Nasional merupakan program Pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap rakyat Indonesia agar penduduk indonesia dapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera.

Tujuan diadakannya JKN adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak. JKN diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah. (AB)

Baca juga: https://www.kilas.co.id/tingkatkan-layanan-kesehatan-rohidin-paparkan-komitmen-dengan-bpjs-kesehatan-di-sidang-paripurna-hut-ke-55-provinsi-bengkulu/

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bertukar Pikiran Menjadi Topik Utama Silaturahmi Antara Kejati Bersama Forkopimda Bengkulu

3 Juli 2024 - 20:34 WIB

Safnizar Resmi Dilantik Jadi Kadis DLHK Provinsi Bengkulu

1 Juli 2024 - 22:24 WIB

Bunda Paud Bengkulu Serukan Pembelajaran Menyenangkan Program Transisi PAUD ke SD

29 Juni 2024 - 23:28 WIB

Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, Kapolda Tinjau Bazar UMKM

28 Juni 2024 - 23:19 WIB

Penerangan Hukum “Halo Kejati Bengkulu” Kuatkan Good Clean and Governance

27 Juni 2024 - 23:51 WIB

Rafflesia Rendezvous Diharapkan Dapat Meningkatkan Daya Tarik Wisata Bengkulu

27 Juni 2024 - 22:04 WIB

Trending di Provinsi Bengkulu