Menu

Mode Gelap

Berita 21:03 WIB

Ribuan Masyarakat Bengkulu Antusias Mengikuti Kirab Benderah Merah Putih di Benteng Marlborough


					Konfigurasi angka 78 oleh siwa dan siswi SMA yang dipusatkan di dalam Benteng Marlborough saat acara kirab benderah Merah Putih, Minggu 13 Agustus 2023. (Foto: Rian) Perbesar

Konfigurasi angka 78 oleh siwa dan siswi SMA yang dipusatkan di dalam Benteng Marlborough saat acara kirab benderah Merah Putih, Minggu 13 Agustus 2023. (Foto: Rian)

Kilas.co.id, Bengkulu –  Ribuan masyarakat Provinsi Bengkulu mengikuti kegiatan melepas kirab bendera Merah Putih dalam rangka pencanangan gerakan nasional pembagian bendera Merah Putih di Benteng Marlborough, Minggu 13 Agustus 2023.

Pembagian ribuan bendera Merah Putih ini juga sebagai rasa semangat dalam menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan konfigurasi angka 78 oleh siwa dan siswi SMA yang dipusatkan di dalam Benteng Marlborough serta pembagian ribuan bendera Merah Putih kepada masyarakat.

Rute kirab dimulai dari Benteng Marlborough, melewati Pasar Barukoto, Balai Raya Semarak hingga sampai di Gedung Kantor Pos Lama Bengkulu dengan ditandai penaikan bendera merah putih.

Pada gedung kantor Pos lama ini dalam catatan sejarah dibangun pada masa Kolonial Inggris tahun 1817 ini mempunyai nilai sejarah penting pada awal kemerdekaan Indonesia khususnya di Provinsi Bengkulu.

Dihalaman depan, dikantor pos itu tepatnya sebelah kiri gedung kantor berdiri tiang bendera. Sejarah mencatat bahwa pada tiang itulah sang saka Merah Putih untuk pertama kalinya dikibarkan di Bumi Rafflesia setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat usai melepas acara kirab benderah Merah Putih mengatakan.

“Spiritnya bagaimana semangat juang pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan itu tetap tumbuh menyala, disetiap sanubari masyarakat Indonesia juga masyarakat Bengkulu,” kata Gubernur Rohidin.

Semangat nilai-nilai nasionalisme dan cinta akan NKRI tambahan Rohidin, harus terus ditanamkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kepada generasi muda para penerus bangsa.

“Merah putih menjadi simbol yang luar biasa, menjadi pemersatu juga simbol kedaulatan bangsa, ini harus tetap menyala, tetap kita jaga, kita wariskan kepada generasi-generasi berikutnya,” lanjut Rohidin.

Sementara itu Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Bengkulu Zulkarnain, menuturkan kegiatan ini sangat positif dan luar biasa untuk membangkitkan semangat nasionalisme.

Peringatan 17 Agustus 1945 ini memiliki latar belakang sejarah bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ia pun mengapresiasi pembagian bendera kepada masyarakat, di mana masih ada saja masyarakat yang tidak memasang bendera, untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Melalui pembagian bendera merah putih yang dimotori oleh pak Gubernur, ini menunjukkan bahwa masyarakat kita mau menunjukkan rasa nasionalismenya yang tinggi dengan memasang bendera merah putih di rumahnya masing-masing, jangan sampai dianggap kita tidak memasang bendera merah putih menolak NKRI,” pungkas Zulkarnain. (AB)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dewan Ingatkan Pemudik Untuk Mengedepankan Kewaspadaan Saat Mudik Lebaran

13 April 2024 - 22:48 WIB

Mudik Kampung Halaman Istri (KAUR) Produktif, Penyuluh Agama Binduriang Sampaikan Pesan Dakwah Mimbar Jum’at

12 April 2024 - 18:56 WIB

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu, Gubernur Prof Rohidin Pesan Agar Masyarakat Teruskan Nilai Ibadah Berkualitas

10 April 2024 - 19:12 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Dewan Minta Pemerintah Provinsi Bengkulu Menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur Di Daerah

8 April 2024 - 21:05 WIB

Trending di Pemerintahan