Menu

Mode Gelap

Berita 23:08 WIB

Program Replanting Dari Dinas Pertanian Dapat Meningkatkan Produktivitas Hasil Panen Kebun Kopi


					Pohon kopi yang menghasilkan buah sangat optimal. (Foto: DoK) Perbesar

Pohon kopi yang menghasilkan buah sangat optimal. (Foto: DoK)

Kilas.co.id, Kepahiang – Demplot atau kebun percontohan program replating untuk kebun kopi di Kabupaten Kepahiang saat ini ada seluas 7 hektar. Prgoram replating yang dilakukan melalui Dinas Pertanian itu bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi dan produktivitas kopi yang sudah berumur lama.

Replating terhadap pohon kopi adalah upaya melakukan peremajaan dengan cara menebang sebagaian batang pohon. Diharapkan pohon kopi jangan sampai mati, sehingga menumbuhkan tunas baru.

“Program peremajaan kopi melalui kegiatan replanting ini sudah ada demplotnya seluas 7 hektar yang tersebar di Kecamatan Ujan Mas. Kemudian akan kita tambah demplot seluas 2 hektar sebagai percontohan. Harapannya, program ini dapat diikuti oleh masyarakat petani dengan lahan perkebunannya sudah tidak produktif lagi. Karena usia tanaman kopi yang sudah belasan bahkan puluhan tahun, produktivasnya sudah berkurang,” jelas Taufik Kepala Dinas Pertanian Kabupaten kepahiang, Jum’at 26 Januari 2024.

Lanjut Taufik, program optimalisasi kopi ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu pertama dengan cara replanting. Kemudian dengan cara optimalisasi perkebunan kopi yang sudah ditanam dengan penerapan teknologi pertanian modern.

“Melalui program replanting ini, kita baru laksanakan demplotnya untuk kemudian nanti dikembangkan secara mandiri oleh petani. Sementara dicanangkan programnya nanti ada bantuan optimalisasi lahan dan bantuan bibit serta pupuknya,” kata Taufik.

Dengan upaya optimalisasi produktivitas kopi melalui teknik replanting, kata Taufik, petani dapat melakukan tanaman tumpang sari selama kopiditanam baru, yaitu petani bisa menanam komoditas lain seperti kedelai, jagung, umbi-umbian dan komoditas lainnya dengan masa tanaman 100 hari panen. (AB)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tokoh Pers Nasional Salim Said Meninggal Dunia

18 Mei 2024 - 23:25 WIB

Sebelum Menikah, Kini Calon Pengantin Harus Memiliki Sertifikat Elsimil

16 Mei 2024 - 23:31 WIB

Taufik Tegaskan Bantuan Benih Padi Dari Pemerintah Pusat Jangan Perjual Belikan

15 Mei 2024 - 23:34 WIB

Hewan Kurban Iduladha Harus Miliki SKKH

15 Mei 2024 - 23:10 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Salurkan Bantuan Bibit Cabe Dari Pemerintah Pusat Untuk Kelompok Tani

14 Mei 2024 - 23:57 WIB

Polsek Sindang Kelingi Berhasil Menangkap DPO Pencuri Mobil Asal Jambi

14 Mei 2024 - 23:03 WIB

Trending di Berita