Menu

Mode Gelap

Nasional 11:47 WIB

Presiden Minta Kepala Daerah Mulai Membuat Kota Hijau


					Presiden Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia XVII di Balikpapan Sport and Convention Center Dome, Selasa, 4 Juni 2024. (Foto: Dok) Perbesar

Presiden Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia XVII di Balikpapan Sport and Convention Center Dome, Selasa, 4 Juni 2024. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Presiden Joko Widodo memberikan tantangan kepada kepala daerah untuk mulai menerapkan konsep kota hijau. Konsep kota hijau kata Presiden saat ini mulai menjadi perhatian kota-kota seluruh Indonesia.

Menurutnya, paradigma kemajuan sebuah kota dilihat dari banyaknya gedung pencakar langit, paradigma itu harus mulai diubah. Mestinya sebuah kota, kata Presiden mesti ramah pejalan kaki, ramah disabilitas, ramah pesepeda, ramah perempuan dan anak serta ramah lingkungan.

“Membangun pedestrian juga mesti menyiapkan pohon sebagai peneduh untuk pejalan kaki, sebab kita ini negara tropis yang panas,” ujar Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Selasa, 4 Juni 2024.

Kehijauan sebuah kota, saat ini menjadi aspek penting yang harus mulai diperhatikan oleh pemerintah kota di Indonesia.

Secara terpisah, Pejabat Walikota Bengkulu, Arif Gunadi menyatakan Pemerintah Kota Bengkulu siap menjalankan amanah yang disampaikan Presiden yaitu konsep kota hijau.

Saat ini, kata Arif setiap sudut kota Bengkulu sudah dibuat ruang terbuka hijau (RTH). “Ini sebagai tempat rekreasi masyarakat, ada taman bermainnya, tempat santai dan fasilitas lainnya,” ujarnya.

Kemudian, agar terus menjadi kota hijau, Pj Walikota ingin taman-taman dan jalur hijau di seluruh Kota Bengkulu sebagai ruang terbuka publik harus terus dijaga dan dirawat untuk keindahan dan keasriannya.

Pejabat Walikota Bengkulu, Arif Gunadi. (Foto: Dok)

“Ini harus kita rawat terus, bunga-bunga dan tanaman jika perlu kita tambah agar tampak rimbun dan cantik. Kita perindah kota ini dengan taman-taman yang hijau,” ungkapnya.

Karena sebagai ibukota provinsi dan kota wisata, keindahan dan kebersihan menjadi penting diperhatikan mengingat Kota Bengkulu memiliki potensi wisata yang menjanjikan. (AB)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kabar Gembira, Gaji 13 ASN Pemkot Bengkulu Segera Cair

13 Juni 2024 - 11:33 WIB

Perwal BPHTB Kini Bayar PBB Merujuk Berdasarkan Transaksi dan NJOP

12 Juni 2024 - 23:38 WIB

Pejabat Walikota Lantik Eko Agusrianto Jadi Pejabat Sekda Pemkot Bengkulu

12 Juni 2024 - 22:53 WIB

Jaksa Agung ST Burhanuddin Lantik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Kepala Kejaksaan Tinggi dan Pejabat Eselon II di Lingkungan Kejagung RI

12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Seluruh Puskesmas di Kota Bengkulu untuk Gencar Sosialisasikan Pencegahan DBD

12 Juni 2024 - 09:26 WIB

Seluruh Kepala Puskesmas dan Kepala TU di kota Bengkulu Diminta Segara Menyelesaikan Dokumen BLUD

10 Juni 2024 - 12:41 WIB

Trending di Pemkot Bengkulu