Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 15:04 WIB

PPKBP3A Tingkatkan Sosialisasikan KB untuk Kaum Pria


					Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kepahiang,  Linda Rospita. (kiri) Foto: AB/ER Perbesar

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita. (kiri) Foto: AB/ER

Kilas.co.id, Kepahiang – KB atau singkatan dari Keluarga Berencana merupakan suatu program pemerintah Indonesia sejak tahun 1970 yang bertujuan untuk membatasi jumlah kelahiran guna menciptakan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Program KB ini sering kali menyasar pada perempuan dengan cara penyuntikan obat kedalam tubuh atau mengkonsumsi obat. Kini Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Kepahiang mulai menyasar pada kaum pria sebagai peserta KB dengan cara rutin menggunakan alat kontrasepsi.

“Selama ini yang menjadi sasaran program KB adalah kaum perempuan, nah saat ini sudah ada program KB bagi pria. Sebab itu, kami mulai menyasar program KB bagi pria,” jelas Kepala DP2KBP3A, Linda Rospita.

Selain menggunakan alat kontrasepsi bagi pria, kini lanjut Linda sudah ada KB pria dalam bentuk pil. Fungsi pil sama seperti pil yang dikonsumsi oleh perempuan.

Kata Linda, kaum pria tidak perlu kuatir, saat ini sudah banyak pilihan alat kontrasepsi bagi pria.

“Pil sifatnya sebagai penghambat produksi sperma. Bila vasektomi dinilai mengerikan, maka pil bisa menjadi pilihan,” ujarnya.

Dia yakin dengan metode tersebut maka laju pertumbuhan penduduk bisa dikendalikan. Selain itu, program keluarga berencana juga bisa mencapai tujuannya. (AB)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Jelang Lebaran, Bupati Kepahiang Pastikan Kebutuhan Pokok di Pasar Aman

2 April 2024 - 23:51 WIB

Bazar Pasar Murah Tak Bersisa Diserbu Warga

2 April 2024 - 23:25 WIB

Eks HTI Seluma Ajak Masyarakat Untuk Tidak Terlibat Dalam Organisasi HTI

1 April 2024 - 11:55 WIB

Hadirkan Habib Muhammad Syahab, ‘Tabligh Akbar’ di MRBI Provinsi Bengkulu Dibanjiri Jama’ah

28 Maret 2024 - 14:15 WIB

Jelang Lebaran, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Akan Adakan Pasar Murah

28 Maret 2024 - 01:45 WIB

Linda Rospita Berikan Apresiasi Pada Desa Tugu Rejo yang Berhasil Adakan Lomba Kampung KB

27 Maret 2024 - 23:12 WIB

Trending di Berita Daerah