Menu

Mode Gelap

Politik 22:25 WIB

Pilkada 2024, PKB Berikan 4 Rekomendasi


					Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Zainal. (Foto: Dok) Perbesar

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Zainal. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Resmi memberikan rekomendasi 4 calon kepala daerah untuk maju pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024 di Provinsi Bengkulu.

Disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah atau DPW PKB Provinsi Bengkulu, Zainal, setelah melalui tahapan pendaftaran penjaringan calon kepala daerah ditingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB se Provinsi Bengkulu, kemudian tahapan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Sehingga PKB putuskan memberikan rekomendasi 4 calon kepala daerah dari 8 yang dilakukan penjaringan untuk bertarung di Pilkada tahun 2024 mendatang.

“Kita berikan dalam bentuk rekomendasi penugasan karena PKB tidak bisa mengusung sendiri sehingga harus berkoalisi dengan Parpol lain. Kemudian penugasan untuk mencari calon wakil,” ujar Zainal, Senin 10 Juni 2024.

Dari 4 calon kepala daerah yang telah diberikan rekomendasi, diantaranya untuk calon kepala daerah di Pilkada Kabupaten Rejang Lebong atas nama Samsul Efendi yang merupakan calon bupati petahanan. Dimana PKB di Kabupaten Rejang memiliki 3 Kursi hasil Pileg tahun 2024 ini.

Berikutnya, rekomendasi diberikan kepada calon kepala daerah di Pilkada Kabupaten Kapahiang atas nama Zurdinata yang merupakan Wakil Bupati Kapahiang aktif dan juga sebagai petahana maju Pilkada Kapahiang 2024. Di Kapahiang PKB hanya memiliki 1 kursi hasil Pileg Februari tahun 2024 kemarin.

Selanjutnya, rekomendasi diberikan kepada calon kepala daerah untuk Pilkada Kabupaten Bengkulu Utara atas nama Arie Septia Adinata yang merupakan Wakil Bupati Bengkulu Utara aktif dan maju sebagai petahana pada Pilkada Bengkulu Utara. PKB di Bengkulu Utara miliki 2 Kursi hasil Pileg 2024 lalu.

Ke empat rekomendasi diberikan kepada calon kepala daerah untuk Pilkada Kabupaten Seluma atas nama Teddy Rahman yang merupakan penandatang baru di Pilkada Seluma 2024. Sementara di Kabupaten Seluma PKB memiliki 2 kursi hasil Pileg pada Februari tahun 2024 lalu.

“Rekomendasi penugasan berlaku sampai keluarnya surat B1 KWK atau persyaratan pencalonan apabila semua sudah terpenuhi maka PKB mengeluarkan B1 KWK tersebut untuk kandidat,” terangnya.

Dikatakan Zainal, kemungkinan rekomendasi berubah ke kandidat lain masi terjadi apa bila penerima rekomendasi penugasan tidak bisa mencari teman koalisi dan wakil karena harus diakui PKB tidak memajukan sendiri.

“Kemungkin perubahan bisa saja terjadi, karena kita tidak bisa memajukan sendiri sehingga syarat mutlak berkolasi dengan parpol lainnya”jelasnya.

Selain itu, ditambah Zainal, berdasarkan instruksi DPP PKB dalam mengusung calon bukan hanya sekedar pelengkap saja tetap ikut dalam pemenang dan mengawal kandidat jika terpilih menjadi kepala daerah.

“Instruk DPP PKB kita mengusung sekaligus menjadi tim pemenang dan mengawal bila terpilih,” pungkasnya. (AB)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Rohidin-Meriani Resmi Berpasangan untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Bengkulu

18 Juli 2024 - 23:03 WIB

Pasangan Zurdi Nata-Abdul Hafizh Mendapatkan Dukungan dari PKS

16 Juli 2024 - 23:59 WIB

Relawan Helmi Hasan Dirikan 1000 Posko

15 Juli 2024 - 23:30 WIB

DPD KNPI Bengkulu Selatan Minta KPU Beri Penjelasan Atas PKPU No 8 tahun 2024

8 Juli 2024 - 21:29 WIB

Helmi – Mian Didukung PDIP untuk Pilgub Bengkulu

1 Juli 2024 - 23:52 WIB

Survei, Dedy Wahyudi Lebih Tinggi Dari Calon Lainnya

28 Juni 2024 - 13:28 WIB

Trending di Politik