Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 16:20 WIB

Peran Orang Tua Sangat Diperlukan untuk Menekan Angka Perceraian


					Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita. (Foto: Dok) Perbesar

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Kepahiang – Penyandang status janda di Kabupaten Kepahiang setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Tingginya angka pernikahan dini salah satu faktor penyebab meningkatnya perceraian yang berujung bertambahnya status janda.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita, mengaku berbagai upaya pihaknya lakukan untuk pencegahan kasus perceraian, seperti sosialisasi.

“Namun sepertinya hal itu tidak cukup, perlu peran orang tua dan keluarga yang berkenan bekerjasama melakukan penekanan angka tersebut, sehingga jangan sampai sudah berkeluarga berujung ke perceraian,” ujarnya.

Selain itu, pengawasan orang tua terhadap anak, lanjutnya juga sangat perlu dilakukan, terutama mencegah anak melakukan pergaulan bebas. Karena, pergaulan bebas sering menjadi faktor pernikahan dini terjadi.

Tingkat kedewasaan dan pengetahuan dalam berumah tangga yang masih minim, mereka yang menikah dini terkadang lebih memutuskan untuk berpisah.

Seharusnya, orang tua lebih ketat mengawasi dan menanamkan cita-cita terhadap anak yang sudah mau beranjak dewasa. (AB)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu, Gubernur Prof Rohidin Pesan Agar Masyarakat Teruskan Nilai Ibadah Berkualitas

10 April 2024 - 19:12 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

PJ Walikota Bengkulu Tunaikan Salat Idul Fitri di Masjid Kota Merah Putih

10 April 2024 - 17:29 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Pastikan Rumah Dalam Keadaan Aman Sebelum Mudik Lebaran

6 April 2024 - 23:27 WIB

Jelang Lebaran, Stok Gas LPG 3 Kg Aman

5 April 2024 - 23:45 WIB

Trending di Pemkot Bengkulu