Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 16:20 WIB

Peran Orang Tua Sangat Diperlukan untuk Menekan Angka Perceraian


					Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita. (Foto: Dok) Perbesar

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Kepahiang – Penyandang status janda di Kabupaten Kepahiang setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Tingginya angka pernikahan dini salah satu faktor penyebab meningkatnya perceraian yang berujung bertambahnya status janda.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita, mengaku berbagai upaya pihaknya lakukan untuk pencegahan kasus perceraian, seperti sosialisasi.

“Namun sepertinya hal itu tidak cukup, perlu peran orang tua dan keluarga yang berkenan bekerjasama melakukan penekanan angka tersebut, sehingga jangan sampai sudah berkeluarga berujung ke perceraian,” ujarnya.

Selain itu, pengawasan orang tua terhadap anak, lanjutnya juga sangat perlu dilakukan, terutama mencegah anak melakukan pergaulan bebas. Karena, pergaulan bebas sering menjadi faktor pernikahan dini terjadi.

Tingkat kedewasaan dan pengetahuan dalam berumah tangga yang masih minim, mereka yang menikah dini terkadang lebih memutuskan untuk berpisah.

Seharusnya, orang tua lebih ketat mengawasi dan menanamkan cita-cita terhadap anak yang sudah mau beranjak dewasa. (AB)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dedi Ermansyah Dapat Rekomendasi DPP Nasdem untuk Calon Walikota Bengkulu Bengkulu

22 Juli 2024 - 22:04 WIB

DPD Partai Hanura Bengkulu Sepakat Oesman Sapta Odang Jadi Ketum

21 Juli 2024 - 00:10 WIB

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejaksaan Negeri Kepahiang Serahkan Bantuan untuk Masjid Desa Pungguk Meranti

18 Juli 2024 - 23:57 WIB

Rohidin-Meriani Resmi Berpasangan untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Bengkulu

18 Juli 2024 - 23:03 WIB

Menindak Lanjuti Arahan Kemendagri, Pemprov Bengkulu Lakukan Rapat Penyederhanaan Birokrasi Sebagai Wujud Tugas dan Fungsi Gubernur Wakil Pemerintah Pusat

18 Juli 2024 - 22:01 WIB

Pemprov Bengkulu Usulkan Pembangunan Bandara dan Pelabuhan ke Menteri Perhubungan

17 Juli 2024 - 23:17 WIB

Trending di Pemerintahan