Menu

Mode Gelap

Berita 21:38 WIB

Menjaga Eksistensi, Dinas Koperasi Kepahiang Akan Melakukan Pembinaan Terhadap Koperasi


					Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Jan Johanes Dalos. (Foto: Dok) Perbesar

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Jan Johanes Dalos. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Kepahiang – Dalam upaya meningkatkan eksistensi koperasi peningkatan kualitas managemen, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang rencana akan melakukan pembinaan terhadap beberapa koperadi yang ada.

Upaya itu dilakukan sebagaimana aturan yang tertuang dalam Sesuai Peraturan Menteri Koperasi UKM Republik Indonesia tentang Penyelenggaraan dan Pembinaan Koperasi.

“Pembinaan yang diikuti dengan pengawasan ini penting, mengingat jumlah koperasi yang ada tumbuh pesat. Jangan sampai, praktik usaha koperasi menyimpang dari peraturan perundang-undangan,” terang Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Jan Johanes Dalos, di Kepahiang.

Meski pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat tidak lagi memberikan bantuan keuangan berupa dana bergulir terhadap koperasi, dijelaskan Jan Dalos, bukan berarti pemerintah daerah melalui OPD terkait lepas tangan. Dengan kata lain, tetap menjalankan tugas kedinasan seperti melakukan pembinaan terhadap koperasi yang aktif di daerah.

“Antara lain peran daerah ialah dalam gerakan koperasi seperti memberikan bimbingan berupa penyuluhan, pendidikan ataupun melakukan penelitian bagi perkembangan koperasi. Termasuk bantuan konsultasi terhadap permasalahan koperasi,” jelas Jan Dalos.

Disisi lain, dilanjutkan Jan Dalos, saat ini Pemerintah Kabupaten Kepahiang terbatas anggaran untuk mengalokasikan dana bergulir untuk koperasi yang ada, sehingga hanya dilakukan pembinaan saja.

Pembinaan Koperasi merupakan kegiatan yang harus secara terus-menerus dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM untuk memberikan bimbingan dan pendampingan, agar gerakan Koperasi tetap eksis, berkembang, dan baik dalam pengelolaannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Koperasi yang baik dalam pengelolaannya tentunya tidak terlepas dari peran pengurus, pengawas maupun seluruh anggota, sehingga harapannya koperasi mampu memberikan kemanfaatan bagi peningkatan perekonomian serta kesejahteraan bagi seluruh anggotanya dan masyarakat pada umumnya,” pungkas Jan Dalos. (AB)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kopi Kepahiang Kini Sudah Masuk Pasar Internasional, Pak Sahid Coffee Sudah MoU dengan Kopinada

19 Juli 2024 - 00:00 WIB

Stand Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang Dinobatkan Stand Paling Kreatif

17 Juli 2024 - 23:30 WIB

Semangati Siswa Baru Mengikuti MATSAMA, Kakankemenag Kepahiang; Jadikan Kegiatan Ini Mengenal Lebih Dalam Madrasah

16 Juli 2024 - 23:12 WIB

Kakankemenag Kepahiang Tegaskan, ASN dan Non ASN untuk Tidak Bermain Judi Online

16 Juli 2024 - 22:41 WIB

Kejati Bengkulu Saat Ini Memiliki Dua Aplikasi Untuk Memberikan Kemudahan Pelayanan Pada Masyarakat

15 Juli 2024 - 23:19 WIB

Pria Buruh Petik Kopi di Kepahiang Ditemukan Gantung Diri di Pohon Jambu

12 Juli 2024 - 23:42 WIB

Trending di Berita