Menu

Mode Gelap

Berita 12:59 WIB

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula


					Kopi Hitam. (Foto: Ndes) Perbesar

Kopi Hitam. (Foto: Ndes)

Kilas.co.id – Minum kopi hitam tanpa gula ternyata memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang kuat. Biasanya meminum kopi tanpa gula menjadi favorit bagi pecinta kopi yang ingin menikmati kenikmatan kopi asli.

Ternyata kebiasaan meminum kopi tanpa gula baik untuk menjaga kesehatan. Kopi hitam tanpa gula dapat menjadi kawan dalam upaya penurunan berat badan. Kandungan kafein di dalamnya memiliki efek termogenesis, yaitu proses peningkatan produksi panas tubuh. Peningkatan panas tubuh ini berujung pada pembakaran kalori yang lebih efisien, sehingga berat badan pun lebih terkontrol.

Berikut dibwah ini manfaat meminum kopi hitam tanpa gula:

Pelindung Organ Hati

Kopi hitam tanpa gula disinyalir memiliki efek protektif terhadap organ hati. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi hitam secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit liver, seperti sirosis dan kanker hati. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa konsumsi kopi yang berlebihan bisa menimbulkan efek sebaliknya.

Penjaga Kesehatan Jantung

Senyawa aktif dalam kopi hitam tanpa gula, terutama asam klorogenat, dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam klorogenat berperan dalam menjaga elastisitas pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung koroner dan stroke pun bisa diminimalisir.

Sumber Antioksidan yang Melimpah

Kopi hitam tanpa gula merupakan sumber antioksidan yang melimpah. Antioksidan ini berperan penting dalam menangkal radikal bebas, molekul jahat yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu berbagai penyakit kronis. Dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula secara rutin, Anda dapat membantu tubuh menangkal berbagai penyakit berbahaya.

Peningkatan Performa Olahraga

Bagi Anda yang gemar berolahraga, kopi hitam tanpa gula bisa menjadi teman yang baik. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan pelepasan adrenalin, hormon yang memicu kewaspadaan dan energi.

Selain itu, kafein juga membantu memecah simpanan glikogen di otot menjadi energi, sehingga Anda bisa berolahraga lebih optimal dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Penstabil Kadar Gula Darah

Kopi hitam tanpa gula diyakini dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Kafein dalam kopi menstimulasi pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin, hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang terkontrol, risiko terkena diabetes tipe 2 pun bisa berkurang.

Peningkat Mood dan Pengusir Depresi

Kopi hitam tanpa gula lebih dari sekadar minuman penghilang kantuk. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan produksi neurotransmitter serotonin dan dopamine di otak. Neurotransmitter ini berperan dalam mengatur suasana hati dan perasaan senang. Oleh karena itu, kopi hitam tanpa gula bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan mood dan mengusir perasaan depresi.

Menjaga Kesehatan Mental

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi hitam secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson. Senyawa aktif dalam kopi diduga memiliki efek protektif terhadap sel-sel saraf otak, sehingga kesehatan mental pun terjaga dengan baik.

Sumber Nutrisi yang Baik

Selain kafein, kopi hitam tanpa gula juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi tersebut antara lain magnesium, potasium, dan vitamin B kompleks. Nutrisi ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang, fungsi otot, dan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Penulis: Andes

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bahan Kebutuhan Pokok Menjelang Idul Adha di Kepahiang Tergolong Stabil

15 Juni 2024 - 00:04 WIB

Kopi Kepahiang Akan Menjadi Produk Unggulan Kancah Nasional di Pameran Apkasi

14 Juni 2024 - 23:45 WIB

Ibu Muda Sedang Mengandung Ditemukan Tewas Gantung Diri

10 Juni 2024 - 23:47 WIB

Longsor di Kabupaten Lebong Kembali Terulang

10 Juni 2024 - 23:16 WIB

Harga Kopi di Kepahiang Saat ini Mencapai 65 Ribu

8 Juni 2024 - 23:38 WIB

Pemrpov Bengkulu Kembali Mediasi Pemkab Lebong dan Bengkulu Utara Terkait Sengketa Batas Wilayah

6 Juni 2024 - 23:40 WIB

Trending di Bengkulu Utara