Menu

Mode Gelap

Berita 23:32 WIB

Lahan Persawahan Menipis, Mohd Gustiadi Minta Pemprov Bengkulu Bertindak untuk Atasi Masalah Ini


					Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu, Mohd Gustiadi. (Foto: Dok) Perbesar

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu, Mohd Gustiadi. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Mohd Gustiadi atau akrab dipanggil Edi Tiger, menyoroti kondisi lahan persawahan yang kian tahun kian menyusut di Provinsi Bengkulu. Edi Tiger meminta Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk memberikan perhatian serius terhadap masalah ini, guna menjaga ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di seluruh kabupaten kota se provinsi bengkulu.

Hal tersebut didasari fenomena alih fungsi lahan yang kian tahun kian marak terjadi di Provinsi Bengkulu, yang mana diketahui saat ini berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Pertanian (TPHP) Provinsi Bengkulu, lahan persawahan di Bengkulu hanya menyisahkan berkisar +- 45.000 hektar.

“Perlu disadari bahwa lahan persawahan yang menyusut dapat berdampak negatif pada produksi pangan dan kesejahteraan petani. Untuk itu, Pemerintah harus bertindak untuk mengatasi masalah ini. Inikan bakal berdampak untuk kedepan” ungkap Politisi Gerindra tersebut.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu, Mohd Gustiadi. (Foto: Dok)

Edi Tiger menambahkan, Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengawasan yang ketat terhadap pengalihan fungsi lahan pertanian menjadi lahan non-pertanian. Selain itu, perlu juga dilakukan upaya pemulihan dan pengembangan lahan pertanian yang di kawasan sentra potensial di beberapa wilayah.

“Ini tentu harus jadi perhatian serius bagi kita semua, terutama pemerintah daerah agar Bengkulu yang dulunya terkenal sebagai sentra beras jangan sampai kekurangan beras untuk cukupi kebutuhan masyarakat kita,” tambahnya. (adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dewan Ingatkan Pemudik Untuk Mengedepankan Kewaspadaan Saat Mudik Lebaran

13 April 2024 - 22:48 WIB

Mudik Kampung Halaman Istri (KAUR) Produktif, Penyuluh Agama Binduriang Sampaikan Pesan Dakwah Mimbar Jum’at

12 April 2024 - 18:56 WIB

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu, Gubernur Prof Rohidin Pesan Agar Masyarakat Teruskan Nilai Ibadah Berkualitas

10 April 2024 - 19:12 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Dewan Minta Pemerintah Provinsi Bengkulu Menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur Di Daerah

8 April 2024 - 21:05 WIB

Trending di Pemerintahan