Menu

Mode Gelap

Berita 23:45 WIB

Kopi Kepahiang Akan Menjadi Produk Unggulan Kancah Nasional di Pameran Apkasi


					Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten, Jan Johanes Dalos. (Foto: Kilas.co.id) Perbesar

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten, Jan Johanes Dalos. (Foto: Kilas.co.id)

Kilas.co.id, Kepahiang – Dalam kegiatan pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta yang akan dilaksanakan pada tanggal 10-12 Juli mendatang, Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Kepahiang rencana akan mempromosikan kopi Kepahiang dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten, Jan Johanes Dalos saat ditemui di ruang kerja menuturkan, kegiatan Apkasi yang menjadi agenda tahunan ini menjadi kesempatan untuk mengangkat kopi Kepahiang agar lebih terkenal di kancah nasional.

“Karena kita tau persis Kabupaten Kepahiang salah satu daerah penghasil kopi, maka salah satu icon yang kita angkat adalah kopi. Ditambah juga produk UKM yang bergerak dibidang pengrajin batik, itu kita angkat juga,” katanya.

Dinas Perdagangan Koperasi UKM kata Jan Johanes Dalos menjadi leading sector yang akan berkolaborasi dengan beberapa organisasi perangkat daerah (ODP) dalam pemeran itu nanti, salah satunya Dinas Pertanian dan Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) bersama mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Baca juga: https://www.kilas.co.id/30-pengusaha-umkm-kopi-kepahiang-dapat-pelatihan-roasting-dari-kementerian-koperasi-dan-ukm/

Salah satu contoh Dinas Parpora, dalam kesempatan itu dapat dijadikan kesempatan mempromosikan kebudayaan dan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang. Begitu juga dengan Dinas lain.

Sehingga, daerah-daerah yang ikut dalam kegiatan tersebut mengetahui bahwa Kabupaten Kepahiang memiliki potensi-potensi yang dapat dikunjungi.

“Ditambah Dinas Pertanian yang sedang mengembangkan replanting kopi, pengembangan kopi. Dan daerah lain pasti akan tau, ini loh kopi Kepahiang,” tutur Jan Johanes Dalos.

“Selama ini kopi Kepahiang kemana-kemana, tetapi tidak pernah terbawah nama Kepahiang, yang keluarkan nama daerah lain seperti Lampung, Sumatera Utara, Jawa. Kepahiang tidak muncul. Na inilah yang kita angkat peranan sehingga orang tau, oh ternyata Kepahiang juga mempunyai potensi yang sangat besar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Apkasi adalah wadah kerjasama pemerintah kabupaten seluruh Indonesia dibentuk pada tahun 2000 instruksi dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (Ndes)

Baca juga: https://www.kilas.co.id/usin-sembiring-sarankan-bank-bengkulu-berikan-perhatian-khusus-pada-ukm-dan-ikm/

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kopi Kepahiang Kini Sudah Masuk Pasar Internasional, Pak Sahid Coffee Sudah MoU dengan Kopinada

19 Juli 2024 - 00:00 WIB

Stand Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang Dinobatkan Stand Paling Kreatif

17 Juli 2024 - 23:30 WIB

Semangati Siswa Baru Mengikuti MATSAMA, Kakankemenag Kepahiang; Jadikan Kegiatan Ini Mengenal Lebih Dalam Madrasah

16 Juli 2024 - 23:12 WIB

Kakankemenag Kepahiang Tegaskan, ASN dan Non ASN untuk Tidak Bermain Judi Online

16 Juli 2024 - 22:41 WIB

Kejati Bengkulu Saat Ini Memiliki Dua Aplikasi Untuk Memberikan Kemudahan Pelayanan Pada Masyarakat

15 Juli 2024 - 23:19 WIB

Pria Buruh Petik Kopi di Kepahiang Ditemukan Gantung Diri di Pohon Jambu

12 Juli 2024 - 23:42 WIB

Trending di Berita