Menu

Mode Gelap

Berita 23:31 WIB

Komisi IV Kunjungan Kerja Ke BP3MI Sumsel Guna Dorong Pemprov Bengkulu Lakukan Kerjasama


					BP3MI Sumatera Selatan Sambut Baik Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Rabu 14 Juni 2023. (Foto: Ist) Perbesar

BP3MI Sumatera Selatan Sambut Baik Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Rabu 14 Juni 2023. (Foto: Ist)

Kilas.co.id, Bengkulu – Provinsi Bengkulu merupakan daerah yang kaya dengan potensi sumber daya alam. Tidak sedikit kekayaan yang dimiliki Provinsi dengan julukan Bumi Rafflesia saat ini. Namun, potensi tersebut masih banyak belum dikembangkan.

Sehingga tidak salah kalau di Bengkulu susah untuk mencari pekerjaan. Akibatnya, banyak warga Bengkulu lebih memilih mencari pekerjaan di luar negeri menjadi pekerja Migran.

Namun kadang, tidak jarang permasalahan yang timbul akibat usaha mencari pekerjaan diluar daerah, seperti Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan tidak mendapatkan perlindungan dari aspek hukum.

Tidak ingin berlarut seperti itu, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu melakukan kunjungan kerja ke Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Selatan (Sumsel) pada Rabu, 14 Juni 2023.

Kunjungan kerja yang dilakukan Komisi IV ini bertujuan untuk menjalin sinergi penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia terutama Provinsi Bengkulu.

Hadir dalam kunjungan itu, Ketua Komisi IV Edwar Samsi, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Bengkulu Sefti Yuslinah, Sekretaris Komisi IV DPRD Bengkulu Arsop Dewana dan beberapa anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu.

Dalam pertemuan itu, Kepala BP3MI Sumsel, Ahmad Salabi mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu. Dimana Kedatangan Komisi IV ini untuk membicarakan terkait program penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia di Provinsi Bengkulu.

“Provinsi Bengkulu merupakan wilayah kerja kami, sehingga kunjungan kerja ini akan menjadi pintu bagi BP3MI Sumsel untuk lebih bersinergi terkait penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu,” jelas Ahmad.

Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu foto bersama pegawai BP3MI Sumatera Selatan, Rabu 14 Juni 2023. (Foto: Ist)

Dijelaskan Ahmad tugas dan fungsi BP3MI Sumsel yakni pembagian tugas tingkatan pemerintahan sesuai dengan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017.

“Pentingnya Nota Kesepakatan antara BP2MI dengan Pemerintah Daerah, serta potret penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia di Bengkulu. Di Bengkulu sendiri Kabupaten Seluma telah menandatangani nota kesepahaman dengan BP3MI kemudian akan dilakukan juga Bengkulu Tengah dan Mukomuko dalam waktu dekat ini ,” kata Ahmad.

Menanggapi itu, Ketua Komisi IV Edwar Samsi mengatakan bahwa kunjungan kerja itu dalanm rangka mendorong pemerintah daerah di Provinsi Bengkulu untuk bekerjasama dengan BP3MI.

“Tadi saya dengar Kabupaten Seluma sudah memiliki kerja sama dengan BP3MI. Nota Kesepakatan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah juga akan ditandatangi dalam waktu dekat ini, serta untuk Kabupaten Mukomuko akan dilakukan pembahasan. Kami akan mendorong Pemerintah Daerah lainnya untuk segera membuat kerja sama dengan BP2MI,” demikian Edwar Samsi. (AB)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kopi Kepahiang Kini Sudah Masuk Pasar Internasional, Pak Sahid Coffee Sudah MoU dengan Kopinada

19 Juli 2024 - 00:00 WIB

Stand Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang Dinobatkan Stand Paling Kreatif

17 Juli 2024 - 23:30 WIB

Semangati Siswa Baru Mengikuti MATSAMA, Kakankemenag Kepahiang; Jadikan Kegiatan Ini Mengenal Lebih Dalam Madrasah

16 Juli 2024 - 23:12 WIB

Kakankemenag Kepahiang Tegaskan, ASN dan Non ASN untuk Tidak Bermain Judi Online

16 Juli 2024 - 22:41 WIB

Kepahiang Mendapatkan Penghargaan KEMENDES PDDT Teknologi Tepat Guna Nusantara 2024

16 Juli 2024 - 14:07 WIB

Kejati Bengkulu Saat Ini Memiliki Dua Aplikasi Untuk Memberikan Kemudahan Pelayanan Pada Masyarakat

15 Juli 2024 - 23:19 WIB

Trending di Berita