Menu

Mode Gelap

Bengkulu Utara 22:48 WIB

Ingat Asal, Elisa Ermasari Ziarah ke Makam Marga Jekalang Lebong


					Ingat Asal, Elisa Ermasari Ziarah ke Makam Marga Jekalang Lebong Perbesar

Kilas.co.id, LEBONG – Didampingi Toko Adat Topos Lebong Salim Senawar, Elisa Ermasari Calon DPD RI dapil Provinsi Bengkulu dengan nomor urut 7, melakukan ziarah ke makam Marga Jekalang Lebong. Ziarah ini bukan hanya untuk sekedar mengunjungi atau mengingat leluhur namun juga sebagai bentuk bahwa dirinya tidak pernah melupakan asal. Karena jelas Perempuan Berparas Cantik ini merupakan salah satu keturunan dari marga Jekalang Lebong.

Sejarah Marga Jekalang dikaitkan dengan sosok penting, Tuan Ku Ario Setangai Panyang, yang lebih dikenal sebagai Biku Bembo. Sebagai raja marga Jekalang, Biku Bembo memiliki pengaruh besar, dan salah satu anaknya, Rio Mapai, kemudian hijrah ke daerah pesisir seperti Lais dan Kerkap.

“Saya merasa terhormat bisa mengunjungi tempat ini dan merasakan koneksi yang lebih dalam dengan leluhur saya. Ini adalah bagian dari identitas saya,” kata Elisa Ermasari.

Perjalanan Elisa Ermasari ke makam leluhurnya di Topos Lebong, menjadi bukti nyata bahwa tradisi dan budaya merupakan bagian tak terpisahkan dari identitas sebuah komunitas. Lewat ziarah ini, Elisa ingin mengirimkan pesan bahwa menghormati dan menghargai sejarah serta budaya leluhur adalah kunci untuk memahami diri sendiri dan komunitasnya.

Ziarah yang dilakukan Elisa ini bukan hanya sekadar perjalanan pribadi, tapi juga sebuah langkah untuk memperkuat ikatan dengan sejarah dan tradisi keluarganya. Ini menunjukkan betapa pentingnya bagi setiap individu untuk menjaga dan merawat warisan leluhurnya.

“Ziarah ini saya maksudkan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa perjuangan para leluhur sekaligus mempertahankan tradisi. Karena perlu kita pahami dan ingat, adanya hari ini karena ada yang terdahulu,” Sampai Elisa Ermasari.

Sementara itu, di sampaikan Toko Pemuda setempat, Acis Supandi, kunjungan Elisa Ermasari merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi dirinya dan warga setempat. Mengingat Elisa Ermasari bukan hanya dikenal sebagai calon DPD RI dapil Provinsi Bengkulu saja, namun sosok Elisa juga di kenal sebagai pengusaha sukses dengan usia muda di Provinsi Bengkulu.

Menurutnya Tidak banyak orang yang masih mengingat asal usul, terlebih lagi jika sudah mencapai titik kesuksesan serta pengaruh kemajuan teknologi dan zaman seperti sekarang ini.

“Sejarah dan warisan budaya itu penting untuk dilestarikan. Kunjungan seperti yang dilakukan Elisa membantu kami untuk menjaga hubungan dengan masa lalu dan mendorong generasi muda untuk mengenal lebih dalam tentang akar budaya mereka,”
sampai Acis. (Tomi)

Artikel ini telah dibaca 161 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Rohidin Mersyah Apresiasi Kemajuan Kabupaten Mukomuko

25 Februari 2024 - 12:58 WIB

Sambut Keberkahan Jelang Ramadhan 1445H, MRBI Provinsi Bengkulu Gelar Malam ‘Nisfu Sya’ban’

25 Februari 2024 - 12:49 WIB

Petugas Terus Melakukan Pencarian Korban Banjir Bandang Sungai Kedurang, Tiga Orang Masih Belum Ditemukan

24 Februari 2024 - 23:53 WIB

Pemkot Bengkulu Tahun Ini Targetkan PAD Rp3 Miliar dari Pasar

23 Februari 2024 - 23:39 WIB

Satu Korban Hanyut di Sungai Kedurang Berhasil Ditemukan

21 Februari 2024 - 23:31 WIB

Pemprov dan Bank Indonesia akan Gelar Bedah Buku Bengkulu Hebat Akhir Februari

21 Februari 2024 - 21:40 WIB

Trending di Bengkulu Utara