Menu

Mode Gelap

Berita 23:38 WIB

Harga Kopi di Kepahiang Saat ini Mencapai 65 Ribu


					Biji kopi merah yang masih melekat dibatang dengan kualitas super. (Foto: Dok) Perbesar

Biji kopi merah yang masih melekat dibatang dengan kualitas super. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Kepahiang – Sepanjang sejarah, harga kopi robusta saat ini mengalami harga termahal. Kabar baik ini membuahkan rezeki bagi petani kopi. Kenaikan kopi ini terjadi karena penurunan produktivitas negara penghasil kopi seperti Brazil yang beberapa tahun terakhir mengalami penurunan produktivitas akibat dilanda hujan es.

Harga kopi robusta saat ini seperti di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu mencapai Rp 65.000 per kilogram. Harga ini jauh naik dibandingkan beberapa tahun terakhir.

Salah satu pengepul hasil panen kopi petani terbesar di Kabupaten Kepahiang, Zurdi Nata mengatakan, harga kopi saat ini yang menjadi kabar gembira masyarakat sudah ia prediksi sejak dua tahun terakhir.

Karena beberapa negara seperti Brazil salah satu negara penghasil kopi mengalami penurunan produktivitas akibat dilanda hujan es. Selain itu, terjadi alih fungsi perkebunan dari kopi menjadi petani kebun durian.

“Saya selalu menghimbau dan mengingatkan petani kita untuk terus menjaga dan merawat kebun kopi masing-masing agar bisa meningkatkan hasil produksi penen,” pesan Zurdi Nata yang juga saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang.

“Karena dengan harga yang sekarang bisa menjadi awal untuk meningkatnya kesejahteraan bagi petani kita dan tentunya berdampak dengan kesejahteraan masyarakat lainnya,” lanjutnya.

Untuk diketahui, naiknya harga kopi di Indonesia saat ini bukan semata karena penurunan produktivitas kopi di beberapa negara penghasil kopi, melainkan kopi Indonesia memiliki rasa yang cenderung manis dengan keasaman tinggi sehingga banyak peminatnya.

Seperti kopi sumatera, mempunyai rasa kopi yang kuat serta cocok dicampur dengan gula dan susu. (Andes)

Artikel ini telah dibaca 70 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bahan Kebutuhan Pokok Menjelang Idul Adha di Kepahiang Tergolong Stabil

15 Juni 2024 - 00:04 WIB

Kopi Kepahiang Akan Menjadi Produk Unggulan Kancah Nasional di Pameran Apkasi

14 Juni 2024 - 23:45 WIB

Ibu Muda Sedang Mengandung Ditemukan Tewas Gantung Diri

10 Juni 2024 - 23:47 WIB

Longsor di Kabupaten Lebong Kembali Terulang

10 Juni 2024 - 23:16 WIB

Pemrpov Bengkulu Kembali Mediasi Pemkab Lebong dan Bengkulu Utara Terkait Sengketa Batas Wilayah

6 Juni 2024 - 23:40 WIB

Dalam Satu Hari, 15 Orang Digigit Anjing Gila

3 Juni 2024 - 15:45 WIB

Trending di Berita