Menu

Mode Gelap

Provinsi Bengkulu 21:07 WIB

Gubernur Bengkulu Minta Program Penurunan Stunting Harus Bersinergi


					Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat membuka Forum Koordinasi Jurnalis dalam rangka Fasilitasi Pelaksanaan Konvergensi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting bersama Mitra Kerja di Daerah, di ballroom salah satu hotel kawasan KM. 6,5 Kota Bengkulu, Kamis, 20 Juni 2024. (Foto: Dok) Perbesar

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat membuka Forum Koordinasi Jurnalis dalam rangka Fasilitasi Pelaksanaan Konvergensi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting bersama Mitra Kerja di Daerah, di ballroom salah satu hotel kawasan KM. 6,5 Kota Bengkulu, Kamis, 20 Juni 2024. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Penurunan angka stunting sampai saat ini masih menjadi fokus Pemerintah Provinsi Bengkulu. Gubernur Bengkulu, Rohidin mersyah mengatakan, penurunan angka stunting apabila tidak dikerjakan bersama menjadi berat.

Setiap daerah yang saat ini masing-masing menggagas program penurunan angka stunting harus satu tujuan dan terintegrasi.

“Kita bisa belajar dengan kabupaten yang sudah behasil sinignifikat penurunan angkanya. Saya kira bisa dipublikasi programnya, berhasil,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat membuka Forum Koordinasi Jurnalis dalam rangka Fasilitasi Pelaksanaan Konvergensi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting bersama Mitra Kerja di Daerah, di ballroom salah satu hotel kawasan KM. 6,5 Kota Bengkulu, Kamis, 20 Juni 2024.

Dapat dilihat kabupaten/kota bisa menjadi lebih baik penurunan stuntingnya. Langkah-langkah apa yang dapat dilakukan. Sehingga bentuk sinergitas seperti apa.

“Saya kira masih punya keyakinan karena kabupaten/kota penurunanya sangat signifikat, besar sekali,” lanjut Rohidin.

Baca juga: https://www.kilas.co.id/penuhi-asupan-gizi-untuk-cegah-stunting-pada-anak/

Kedepan, kata Rohidin perlu dikumpulkan untuk membuat program bersama. Salah satu contoh Kota Bengkulu yang berapa tahun terakhir telah berhasil menurunkan angka stunting. Program-program yang dilakukan Pemerintah Kota Bengkulu baik diedukasi untuk kabupaten lain. Karena secara wilayah tidak jauh berbeda.

Untuk diketahui, stunting adalah hambatan pertumbuhan, bantutan pertumbuhan, atau tengkes adalah keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak. Penyebab utama penyakit tengkes adalah kekurangan gizi pada waktu yang cukup lama. Pemberhentian pertumbuhan meliputi pertumbuhan tubuh dan otak.

Berbagai faktor yang dapat menyebabkan Stunting, diantaranya, kekurangan asupan nutrisi selama proses kehamilan hingga anak lahir. Kondisi sanitasi tempat tinggal yang buruk sehingga ibu hamil atau menyusui kesulitan mendapatkan air bersih untuk minum atau kebutuhan mandi cuci kakus (MCK). (AB)

Baca juga: https://www.kilas.co.id/p2kbp3a-kembali-mengiatkan-orang-tua-dampak-bahaya-stunting-pada-anak/

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bertukar Pikiran Menjadi Topik Utama Silaturahmi Antara Kejati Bersama Forkopimda Bengkulu

3 Juli 2024 - 20:34 WIB

Safnizar Resmi Dilantik Jadi Kadis DLHK Provinsi Bengkulu

1 Juli 2024 - 22:24 WIB

Bunda Paud Bengkulu Serukan Pembelajaran Menyenangkan Program Transisi PAUD ke SD

29 Juni 2024 - 23:28 WIB

Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, Kapolda Tinjau Bazar UMKM

28 Juni 2024 - 23:19 WIB

Penerangan Hukum “Halo Kejati Bengkulu” Kuatkan Good Clean and Governance

27 Juni 2024 - 23:51 WIB

Rafflesia Rendezvous Diharapkan Dapat Meningkatkan Daya Tarik Wisata Bengkulu

27 Juni 2024 - 22:04 WIB

Trending di Provinsi Bengkulu