Menu

Mode Gelap

Berita 22:01 WIB

Gedung Gunung Bungkuk Belum Dapat Dihibahkan, Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Bengkulu Sebuat, Pemprov Bengkulu Harus Mengeluarkan dari Aset PAD Terlebi Dahulu


					Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Dempo Xler. (Foto: Dok) Perbesar

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Dempo Xler. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu berencana akan menghibahkan Gedung Gunung Bungkuk yang merupakan bekas Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang berada dikawasan sekitar Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno (UINFAS) Bengkulu itu rencanaya akan dihibahkan ke kampus UINFAS.

Gedung yang berada diatas tanah milik kampus UINFAS tersebut sampai saat ini, hibah tersebut belum kunjung selesai. Padahal, beberapa gedung lainya sudah selesai dihibahkan.

Ada yang mengatakan, terlambatnya proses hibah gedung tersebut belum mendapatkan persetujuan dari DPRD Provinsi Bengkulu. Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Dempo Xler membantah informasi tersebut.

Dirinya menjelaskan, terlebih dahulu harus dikeluarkanya dari aset. Sampai saat ini belum dikeluarkanya Surat Keputusan (SK) Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Provinsi Bengkulu, baru proses hibah tersebut bisa dilanjutkan.

Gedung STQ UINFAS Bengkulu. (Foto: Ist)

”Gedung Gunung Bungkuk itu terdata sebagai aset PAD Pemprov yang belum dikeluarkan dari SK PAD Pemprov. Jadi Pemprov yang bermasalah bukan pihak DPRD yang menghambat dan sebagainya,” ungkap Dempo.

Secara mekanisme lanjut Dempo, aset milik pemerintah daerah dengan nilai diatas lima miliar yang akan dihibahkan harus melalui persetujuan DPRD, karena kan dikeluarkan dari aset sumber PAD.

”Setelah Gedung Gunung Bungkuk dikeluarkan dari data sumber PAD baru bisa. Dan Desember kemarin Pemprov sudah bersurat dengan Kemendagri untuk mengeluarkan itu. Nanti kalau semuanya selesai atau dikeluarkan dari data sumber PAD maka akan ada surat dari DPR terkait MoU totalitas,” ujar Dempo.

Sementara itu, untuk eks bangunan dan lahan STQ lainnya Dempo menyebut tidak ada permasalahan lagi karena telah dihibahkan oleh Pemprov Bengkulu kepada pihak Universitas.

”Hari ini lahan STQ sudah bisa digunakan oleh UINFAS kecuali Gunung Bungkuk. Secara proses sudah bisa digunakan namun secara total belum kecuali gunung Bungkuk karena aset gedung lainnya tidak masuk aset data sumber PAD,” tutupnya. (adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dewan Ingatkan Pemudik Untuk Mengedepankan Kewaspadaan Saat Mudik Lebaran

13 April 2024 - 22:48 WIB

Mudik Kampung Halaman Istri (KAUR) Produktif, Penyuluh Agama Binduriang Sampaikan Pesan Dakwah Mimbar Jum’at

12 April 2024 - 18:56 WIB

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu, Gubernur Prof Rohidin Pesan Agar Masyarakat Teruskan Nilai Ibadah Berkualitas

10 April 2024 - 19:12 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Dewan Minta Pemerintah Provinsi Bengkulu Menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur Di Daerah

8 April 2024 - 21:05 WIB

Trending di Pemerintahan