Menu

Mode Gelap

Provinsi Bengkulu 23:34 WIB

Film Pendiri HMI Lafran Pane Jadi Inspiratif Kader HMI


					Cover film Lafren Pane, pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Perbesar

Cover film Lafren Pane, pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Kilas.co.id, Bengkulu – Dunia perfilman Indonesia kembali bergairah dengan hadirnya film biografi terbaru, “Lafran”, yang mengisahkan perjalanan hidup Lafran Pane, pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Film ini tayang perdana di bioskop diseluruh Indonesia ini pada Kamis (20/06/2024) dan disambut antusias oleh berbagai kalangan sejak dirilis, terutama dari dunia akademis dan komisariat HMI selingkuh Cabang Bengkulu.

“Lafran” mengangkat kisah inspiratif Lafran Pane, tokoh penting dalam sejarah organisasi mahasiswa Islam terbesar di Indonesia. Terinspirasi dari semangat juang dan idealismenya, Lafran mendirikan HMI pada 5 Februari 1947 di Yogyakarta, dengan tujuan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan membina generasi muda Islam yang intelektual dan berkarakter.

Film ini disutradarai oleh Faozan Rizal dan dibintangi oleh Dimas Anggara, Lala Karmela, Mathias Muchus, Tanta Ginting, Ariyo Wahab, Farandika. Karya ini menggambarkan perjuangan Lafran dari masa mudanya hingga sukses mendirikan HMI, menghadirkan berbagai tantangan dan konflik yang dihadapinya dalam perjuangan menggerakkan mahasiswa dan masyarakat.

Salah satu Alumni, sekaligus Ketua Forum Kader Wartawan (FKW) KAHMI Wilayah Bengkulu mengatakan produser film Lafran ini merupakan film perdana produksi keluarga besar MN KAHMI yang bekerja sama dengan Reborn Initiative dan Radepa Studio yang memakan waktu sekitar tujuh tahun.

“Film Lafran ini produksi pertama keluarga besar MW KAHMI. Kisah ini difilmkan yang tidak hanya menginspirasi, tetapi juga mendidik penonton tentang sejarah penting bangsa ini terutama tentang sejarah organisasi mahasiswa Islam di Indonesia” ujarnya saat usai menonton di bioskop terbesar di Kota Bengkulu, Kamis (20/06/2024).

Penayangan perdana “Lafran” dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk para pemimpin HMI dari berbagai generasi, akademisi, dan pejabat Pemerintahan di Bengkulu, “Film ‘Lafran’ adalah pengingat penting tentang bagaimana peran mahasiswa dan pemuda dalam membangun bangsa,” lanjutnya.

Selain di bioskop, film “Lafran” rencananya juga akan ditayangkan di berbagai platform digital untuk menjangkau penonton yang lebih luas. Dengan harapan film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dan berjuang demi kemajuan bangsa.

Penayangan perdana ini diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat luas dan memberikan penghormatan kepada Lafran Pane sebagai salah satu pahlawan yang telah berkontribusi besar dalam sejarah pergerakan mahasiswa di Indonesia.

Ditambahkan Ketua Umum HMI Cabang Bengkulu, Anjar Wahyu wijaya menyampaikan apresiasi tinggi terhadap film ini.

“Kami sangat bangga dan terinspirasi dengan cerita hidup Lafran Pane. Film ini bukan hanya menghibur, tetapi juga memberikan motivasi bagi kami para kader HMI untuk terus berjuang dalam mengembangkan diri dan berkontribusi bagi bangsa,” ujarnya Ketua HMI Cabang Bengkulu.

Selaras dengan Ketua HMI Cabang Bengkulu, Sekretaris HMI Cabang Bengkulu, M. Nanda menyatakan bahwa film ini mengingatkan para kader akan pentingnya semangat perjuangan dan persatuan.

“Melalui film ini, kami diingatkan kembali tentang nilai-nilai perjuangan yang ditanamkan oleh Lafran Pane. Ini adalah momen yang sangat berharga bagi kami untuk memperkuat solidaritas dan semangat berorganisasi,” katanya.

Selain itu, beberapa kader HMI lainnya juga memberikan komentar positif. Ardiansyah, seorang kader dari HMI Komisariat di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, menyebut film ini sebagai sarana edukasi yang efektif.

“Film ‘Lafran’ berhasil menggambarkan dengan baik bagaimana seorang Lafran Pane berjuang tanpa kenal lelah. Ini adalah pelajaran berharga bagi kami untuk selalu konsisten dalam menggapai tujuan,” ungkapnya.

Film “Lafran” sendiri diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda, terutama bagi kader HMI, untuk terus meneladani semangat dan dedikasi Lafran Pane dalam memperjuangkan nilai-nilai Islam dan pendidikan. Penayangan perdana ini juga menjadi ajang silaturahmi dan diskusi bagi para kader HMI se-Bengkulu untuk mempererat hubungan dan kerjasama di masa mendatang. (Andes)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bertukar Pikiran Menjadi Topik Utama Silaturahmi Antara Kejati Bersama Forkopimda Bengkulu

3 Juli 2024 - 20:34 WIB

Safnizar Resmi Dilantik Jadi Kadis DLHK Provinsi Bengkulu

1 Juli 2024 - 22:24 WIB

Bunda Paud Bengkulu Serukan Pembelajaran Menyenangkan Program Transisi PAUD ke SD

29 Juni 2024 - 23:28 WIB

Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, Kapolda Tinjau Bazar UMKM

28 Juni 2024 - 23:19 WIB

Penerangan Hukum “Halo Kejati Bengkulu” Kuatkan Good Clean and Governance

27 Juni 2024 - 23:51 WIB

Rafflesia Rendezvous Diharapkan Dapat Meningkatkan Daya Tarik Wisata Bengkulu

27 Juni 2024 - 22:04 WIB

Trending di Provinsi Bengkulu