Menu

Mode Gelap

Berita 23:16 WIB

Edwar Samsi Kritisi Pernyataan Rohidin Mersyah Terkait Capaian UHC di Bengkulu


					Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi Perbesar

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi

Kilas.co.id, Bengkulu – Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, kritisi pernyataan dari gubernur bengkulu Rohidin mersyah terkait capaian dan penerapan Universal Health Coverage (UHC) di bengkulu. Karena menurutnya, saat ini penerapan UHC ditengah masyarakat yang dinilai tidak sesuai dengan apa yang telah disampaikan Gubernur.

Edwar menjelaskan, program UHC diluncurkan memang dengan tujuan memberikan akses kesehatan yang lebih luas kepada masyarakat, namun kenyataannya implementasinya belumg sepenuhnya seperi apa yang disampaikan. Seperti halnya ketika ingin berobat, dikatakan Gubernur masyarakat hanya perlu menyiapkan KTP dan KK maka akan dapat langsung berobat dan mendapat layanan.

Namun, kenyataan di lapangan hal tersebut tidak benar-benar diterapakan dan masyarakat kerap kesulitan mendapatkan layanan kesehatan. Padahal gubernur kerap kali menekankan bahwa seluruh masyarakt bengkulu harus mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dan tidak boleh ditolak oleh fasilitas kesehatan.

“UHC itu tidak seperti membalikkan telapak tangan seperti yang disampaikan gubernur. Praktik di bawah itu yang tidak benar,” ungkap Edwar samsi.

Dengan kondisi sekarang , Edwar merekomendasikan Gubernur untuk melakukan evaluasi terhadap seluruh jajaran Dinas kesehatan, serta pihak BPJS Kesehatan. Hal  tersebut agar apa yang telah disampaikan benar-benar terealisasi dan dirasakan oleh masyarakat.

“Kalau memang betul apa yang disampaikan gubernur, berarti seluruh orang di dinas kesehatan harus di evaluasi , termasuk pihak bpjs karena mereka tidak paham. Padahal keluhan masyarakat itu banyak di bawah itu, karena terus terang ketika dia mau berobat pihak faskes tanyakan KTP lalu setelah di cek ada tunggakan harus bayar dulu tunggakan. Artinya tidak sesuai dengan yang disampaikan,” tutupnya. (adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sukatno Figur Layak Diperhitungkan Maju di Pilgub Bengkulu 2024

22 April 2024 - 15:02 WIB

Pemkot Bengkulu Serahkan Bantuan Beras dan Mie Instan untuk Masyarakat Kabupaten Lebong yang Terkena Banjir

19 April 2024 - 23:30 WIB

Luas Persawahan di Kepahiang Terus Menyusut, Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Maksimalkan Lahan yang Ada

19 April 2024 - 20:47 WIB

Bapenda Tegaskan, Tarif Parkir Sesuai Aturan, Lebih Dari Itu Pungli

18 April 2024 - 22:57 WIB

Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Ditanami Hortikultura

18 April 2024 - 22:01 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Optimis Hasil Panen Padi dan Jagung Lampaui Target Nasional

18 April 2024 - 18:01 WIB

Trending di Bengkulu Utara