Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 22:25 WIB

DPPKBP3A Dorong Sekolah Ramah Anak Sehat & Menyenangkan


					Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

Kilas.co.id, Kepahiang – DPPKBP3A mendorong sekolah-sekolah yang ada di Kepahiang menjadi sekolah ramah anak. Yakni sekolah dengan lingkungan yang aman, sehat dan menyenangkan. Sehingga sekolah ramah anak ini dapat mewujudkan Kepahiang sebagai daerah ramah dan layak anak.

Kepala DPPKBP3A, Linda Rospita menjelaskan sekolah merupakan tempat anak-anak menghabiskan waktu paling banyak setelah di rumah. Untuk itu, lingkungan sekolah harus memberikan rasa aman dari perilaku buruk dan diskriminasi SARA.

“Rata-rata anak-anak menghabiskan waktu hingga 6 sampai 7 jam di sekolah. Ini artinya, sekolah adalah tempat mereka mengisi waktu keseharian. Untuk itu, sekolah haruslah aman dari berbagai pengaruh buruk yang dapat membentuk karekter anak,” jelas Linda.

Kepala DPPKBP3A, Linda Rospita. (Foto: Ist)

Ia menuturkan sekolah juga harus memberikan kenyamanan pada siswa. Sehingga anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan karekter yang terpuji. Terlebih, usia sekolah merupakan usia emas dalam membentuk karekter anak-anak.

“Satuan terkecil kita adalah sekolah, ketika di sekolah mereka dibentuk dengan karekter yang baik, maka di lingkungan keluarga mereka juga akan menularkan prilaku dan karakter yang baik pula,” ulasnya.

Ia juga meminta sekolah dapat menyediakan bimbingan konseling bagi para siswa. Termasuk juga rutin membekali siswa dengan pelajaran budi pekerti dan akhlak. Menurutnya, ketika ada pengaruh buruk dari lingkungan luar sekolah, maka para siswa telah memiliki benteng pertahanan dari pegaruh itu.

“Ibarat tubuh maka memerlukan imunitas, nah budi pekerti dan akhlak yang baik adalah imunitas itu,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan sosilisasi ke beberapa sekolah. Termasuk juga memberikan diklat pada pihak sekolah mengenai sekolah ramah anak yang nantinya akan bekerjasama dengan beberapa lembaga lainnya. (AB)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Perayaan Idul Adha 1445 H/2024 M, Keluarga Besar Kejati Bengkulu Kurban 6 Ekor Sapi dan 7 Ekor Kambing

17 Juni 2024 - 22:06 WIB

Idul Adha 1445 H, Wakil Bupati Kepahiang Ajak Masyarakat Tingkatkan Rasa Gotong Royong untuk Membangun Kepahiang

17 Juni 2024 - 21:23 WIB

Jumlah Hewan Kurban di Provinsi Bengkulu Tahun ini Mencapai 11.531 Ekor

17 Juni 2024 - 20:56 WIB

Presiden Berkurban Sapi di Bengkulu dengan Berat Hampir 1 Ton

17 Juni 2024 - 14:41 WIB

Sukses dan Khidmat, Sholat Idul Adha & Penyembelihan Qurban 1445H/2024M di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu

17 Juni 2024 - 13:05 WIB

Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan Resmikan Pasar Jangkar Mas di Kota Bengkulu

14 Juni 2024 - 23:29 WIB

Trending di Pemkot Bengkulu