Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 23:05 WIB

DPPKBP3A Dorong Pemerintah Desa Berkontribusi Mengatasi Stunting


					Kepala DPPKBP3A, Linda Rosita. Perbesar

Kepala DPPKBP3A, Linda Rosita.

Kilas.co.id, Kepahiang – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Kepahiang, mendorong Pemerintah Desa turut menekan angka stunting yang ada di desa-desa.

Mengingat, bahaya stunting terutama pada anak dapat mengalami gangguan perkembangan otak. Pengaruhnya terlihat pada kemampuan kognitif si kecil. Mereka cenderung sulit mengingat, menyelesaikan masalah, dan tersendat dalam aktivitas yang melibatkan kegiatan mental atau otak.

DPPKBP3A Kepahiang berharap, Pemerintah Desa turut menganggarkan Dana Desa (DD) untuk mengetaskan stunting salah satunya dengan rutin mengadakan sosialisasi pada calon pengantin (Catin) dan membagikan makanan yang bergizi serta bersedia menjadi Bapak Asuh (BAAS).

“Kita meminta dukungan desa dalam penggunaan DD untuk mengatasi stunting, pemimpin di desa dapat menggunakan dana tersebut untuk mencukupi asupan gizi anak,” ujar kepala DPPKBP3A, Linda Rospita.

Selain berpotensi gangguan perkembangan otak pada anak, bahaya dari stunting juga dapat mengganggu kesehatan pada anak. Membuat anak lebih rentan terhadap penyakit tidak menular saat dewasa nanti. Penyakit tidak menular tersebut antara lain obesitas, penyakit jantung, dan hipertensi. Namun, para ahli masih meneliti hubungan stunting dengan penyakit tidak menular ini.

Sementara dampak stunting dalam jangka panjang, postur tubuh yang tidak optimal saat dewasa (lebih pendek dibandingkan pada umumnya), dan menurunnya kesehatan reproduksi. (AB)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dewan Ingatkan Pemudik Untuk Mengedepankan Kewaspadaan Saat Mudik Lebaran

13 April 2024 - 22:48 WIB

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu, Gubernur Prof Rohidin Pesan Agar Masyarakat Teruskan Nilai Ibadah Berkualitas

10 April 2024 - 19:12 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Dewan Minta Pemerintah Provinsi Bengkulu Menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur Di Daerah

8 April 2024 - 21:05 WIB

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Zulasmi Octarina Mengajak Masyarakat Menikmati Objek Wisata Lokal Saat Libur Lebaran

7 April 2024 - 21:32 WIB

Trending di Pemerintahan