Menu

Mode Gelap

Pemkot Bengkulu 23:03 WIB

Dishub Larang Mobil Pick Up Angkut Penumpang


					Ilustrasi/Net Perbesar

Ilustrasi/Net

Kilas.co.id, Kota Bengkulu – Selama Libur Lebaran 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu melarang masyarakat menggunakan mobil pick up untuk mengangkut penumpang. Larangan tersebut dilakukan karena dapat mebahayakan.

Merujuk undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas angkutan jalan, bahwasanya disebutkan tak diperkenankan kepada mobil angkutan barang seperti mobil bak terbuka untuk mengangkut penumpang.

“Kita mengimbau agar masyarakat tak menggunakan atau mengangkut penumpang dengan mobil bak terbuka. Pasalnya, tindakan tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan,” kata Hendri Kurniawan Kepala Dishub Kota Bengkulu, Jumat, 29 Maret 2024.

Dishub tidak segan-segan mengambil tindakan jika ada masyarakat yang masih melanggar aturan tersebut dengan cara memberikan tindakan sampai tindakan tegas berupa tilang dari Kepolisian untuk memberi efek jera.

“Pertama kita lakukan pembinaan, kemudian kita minta penumpang untuk turun dan setelah itu naik ke minibus. Ketiga, kita minta kendaraan ini putar balik dan tentu terakhir ialah penindakan dengan melakukan pengecekan kelengkapan surat-menyurat termasuk KIR dan kelengkapan lainnya,” lanjutnya.

Hendri kembali menegaskan, kendaraan bak terbuka bukanlah untuk mengangkut penumpang, melainkan untuk barang.

“Larangan penggunaan mobil bak terbuka dimaksudkan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan yang tentunya akan mengancam nyawa penumpang di atas mobil bak terbuka,” tambahnya.

Selain itu, Hendri juga mengimbau masyarakat yang hendak berlibur untuk melakukan pengecekan kondisi kendaraannya. “Tolong di cek, sehingga saat berlibur kita tetap aman dan mengurangi risiko hal yang tak diinginkan terjadi,” tutupnya.

Sebagai informasi, sudah tercatat beberapa kali kasus kecelakaan lalulintas yang dialami warga saat menaiki mobil bak terbuka tersebut. Dan risiko yang dialami juga bisa berdampak terhadap pengendara lain. (HS)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sebelum Menikah, Kini Calon Pengantin Harus Memiliki Sertifikat Elsimil

16 Mei 2024 - 23:31 WIB

Taufik Tegaskan Bantuan Benih Padi Dari Pemerintah Pusat Jangan Perjual Belikan

15 Mei 2024 - 23:34 WIB

Hewan Kurban Iduladha Harus Miliki SKKH

15 Mei 2024 - 23:10 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Salurkan Bantuan Bibit Cabe Dari Pemerintah Pusat Untuk Kelompok Tani

14 Mei 2024 - 23:57 WIB

Dukling Stanby di Selebar, Beri Layanan Perekaman Hingga Ganti Foto KTP

13 Mei 2024 - 23:42 WIB

Agar Terlihat Rapi dan Terawat, Dinsos Pangkas Rumput di Makam Pahlawan

12 Mei 2024 - 22:20 WIB

Trending di Berita