Menu

Mode Gelap

Business 23:12 WIB

Dinsos Kepahiang Berkomitmen Membantu Masyarakat Mengobati ODGJ


					Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan. (Foto: Dok) Perbesar

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Kepahiang – Masyarakat Kabupaten Kepahiang diminta untuk melaporkan ke Dinas Sosial (Dinsos) jika ada keluarga yang mengalami sakit Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Jika ODGJ nanti berdomisili di Kepahiang, Dinsos akan melakukan pengobatan. Sebaliknya, jika ODGJ bukan orang kepahiang, maka Dinsos akan mengantarkanya ke pihak keluarga.

Hal ini dilakukan agar ODGJ yang kerap berkeliaran di Kabupaten Kepahiang tidak meresahkan warga. Belajar dari kejadian di Desa Simpang Kota Beringin, Kecamatan Merigi yang telah menghebohkan warga sekitar karena dengan sadis ODGJ menghabisi nyawa seseorang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan menghimbau kepada masasyarakat untuk tidak membiarkan ODGJ berkeliaran yang dapat mengganggu warga lainya. Pembiaran itu dapat menimbulkan persoalan serius.

“Apalagi kalau ODGJ yang bersangkutan sudah membuat resah masyarakat. Segera laporkan, pasti akan kami tindak lanjuti,” kata Helmi, Sabtu 20 April 2024.

Baca juga: https://www.kilas.co.id/dinsos-kepahiang-bersama-polsek-ujan-mas-turun-mendata-odgj-yang-kerap-resahkan-masyarakat/

Dinsos Kepahiang, lanjut Helmi akan membantu pihak keluarga dalam upaya pengobatan. “Tapi tetap harus sesuai dengan prosedur yang berlaku,” lanjutnya.

Himbauan ini, kata Helmi dilakukan dalam upaya untuk mewujudkan kenyawaman dilingkungan masyarakat serta upaya memberikan pelayanan pada masyarakat yang kesulitan dalam melakukan pengobatan terhadap ODGJ.

Di tahun ini, salah satu yang menjadi taget Dinsos adalah mewujudkan Kabupaten Kepahiang bebas dari ODGJ yang berkeliaran.

Salah satu yang telah dilakukan Dinsos belum lama ini yaitu melakukan pencarian ODGJ yang sempat dilaporkan masyarakat yang telah membuat resah di Kecamatan Ujan Mas. (AB)

Baca juga: https://www.kilas.co.id/usai-kejadian-odgj-dengan-sadis-habisi-nyawa-warga-dinsos-kepahiang-kini-dibanjiri-laporan-masayarakat/

Kepala Dinas Sosial Kepahiang. Helmi Johan (kanan) sedang berada di Polsek Ujan Mas berkoordinasi saat hendak mencari ODGJ yang dilaporkan masyarakat. (Foto: Ist)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pupuk KIMIGANIK Solusi Terbaik Untuk Petani Sawit

1 Juni 2024 - 23:09 WIB

Pekerja Bengkulu Harus Mendapatkan Hak-Haknya

2 Mei 2024 - 15:27 WIB

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Nobar Bersama Ribuan Masyarakat Demi Mendukung Garuda Muda Indonesia Melawan Uzbekistan

30 April 2024 - 04:48 WIB

Kampus IAIN Curup Melakukan Penggalangan Dana untuk Membantu Warga Lebong Terkena Banjir

19 April 2024 - 22:15 WIB

PJ Walikota Bengkulu Tunaikan Salat Idul Fitri di Masjid Kota Merah Putih

10 April 2024 - 17:29 WIB

Pemprov Bengkulu Dukung Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik

24 Maret 2024 - 22:23 WIB

Trending di Berita Daerah