Menu

Mode Gelap

Bengkulu Utara 23:39 WIB

Dewan Ingatkan Sejak Awal Penerimaan Peserta Didik Baru Perlu Memperhatikan Kebutuhan Kuoata Disetiap Sekolah


					Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Zainal. (Foto: Dok) Perbesar

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Zainal. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sering kali menimbulkan masalah, mulai dari menerima tidak memenuhi syarat, bahkan sampai ada yang berani menyuap pihak sekolah agar anaknya bisa diterimah di sekolah yang diinginkan.

Tentu persoalan ini dapat mencoreng nama baik dunia pendidikan di Indonesia. Dunia pendidikan yang seharusnya mengedepankan kejujuran dan integritas dari pihak sekolah yang bertugas mencerdaskan anak bangsa segera mungkin dicegah.

Tidak ingin kejadian yang sering kali terulang saat penerimaan siswa baru terutama di Provinsi Bengkulu, Zainal anggota DPRD Provinsi Bengkulu mendorong Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk melakukan persiapan sejak awal yang lebih matang terkait proses Penerimaan Peserta Didik Baru untuk tahun ajaran 2024/2025.

Persiapan sejak awal ini menurut Zainal guna mencegah kejadian yang pernah terjadi pada tahun sebelumnya terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Evaluasi terhadap masalah PPDB di Bengkulu dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan perlunya tindakan,” sampai Zainal, di Bengkulu.

Zainal berharap, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan segera melakukan analisis terhadap calon peserta didik yang akan lulus dari SMP dan melanjutkan ke SMA. Hal ini penting sebagai dasar untuk proses PPDB.

Ia juga menyoroti pentingnya memahami kebutuhan setiap sekolah akan siswa baru dan ruang kelas melalui analisis yang tepat.

Foto: Ilustrasi, penerimaan peserta didik baru perlu (PPDB)

“Hal ini dapat mencegah penumpukan pendaftar di sekolah tertentu dan memastikan pendaftaran tersebar secara merata,” kata dia.

Selain itu, Zainal menekankan perlunya evaluasi terhadap sistem zonasi dalam PPDB. Meskipun sistem ini sudah diterapkan, masih ada kendala terkait perekrutan siswa berdasarkan zona.

“Saya minta semua pihak dapat aktif berpartisipasi dalam menyempurnakan pelaksanaan PPDB agar prosesnya berjalan lancar tanpa masalah signifikan,” demikian Zainal. (adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pemkot Bengkulu Serahkan Bantuan Beras dan Mie Instan untuk Masyarakat Kabupaten Lebong yang Terkena Banjir

19 April 2024 - 23:30 WIB

Luas Persawahan di Kepahiang Terus Menyusut, Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Maksimalkan Lahan yang Ada

19 April 2024 - 20:47 WIB

Bapenda Tegaskan, Tarif Parkir Sesuai Aturan, Lebih Dari Itu Pungli

18 April 2024 - 22:57 WIB

Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Ditanami Hortikultura

18 April 2024 - 22:01 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Optimis Hasil Panen Padi dan Jagung Lampaui Target Nasional

18 April 2024 - 18:01 WIB

Pemkot Bengkulu Minta Developer Perumahan Menyerahkan PSU

18 April 2024 - 15:06 WIB

Trending di Pemerintahan