Menu

Mode Gelap

Bengkulu Utara 23:39 WIB

Dewan Ingatkan Sejak Awal Penerimaan Peserta Didik Baru Perlu Memperhatikan Kebutuhan Kuoata Disetiap Sekolah


					Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Zainal. (Foto: Dok) Perbesar

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Zainal. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sering kali menimbulkan masalah, mulai dari menerima tidak memenuhi syarat, bahkan sampai ada yang berani menyuap pihak sekolah agar anaknya bisa diterimah di sekolah yang diinginkan.

Tentu persoalan ini dapat mencoreng nama baik dunia pendidikan di Indonesia. Dunia pendidikan yang seharusnya mengedepankan kejujuran dan integritas dari pihak sekolah yang bertugas mencerdaskan anak bangsa segera mungkin dicegah.

Tidak ingin kejadian yang sering kali terulang saat penerimaan siswa baru terutama di Provinsi Bengkulu, Zainal anggota DPRD Provinsi Bengkulu mendorong Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk melakukan persiapan sejak awal yang lebih matang terkait proses Penerimaan Peserta Didik Baru untuk tahun ajaran 2024/2025.

Persiapan sejak awal ini menurut Zainal guna mencegah kejadian yang pernah terjadi pada tahun sebelumnya terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Evaluasi terhadap masalah PPDB di Bengkulu dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan perlunya tindakan,” sampai Zainal, di Bengkulu.

Zainal berharap, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan segera melakukan analisis terhadap calon peserta didik yang akan lulus dari SMP dan melanjutkan ke SMA. Hal ini penting sebagai dasar untuk proses PPDB.

Ia juga menyoroti pentingnya memahami kebutuhan setiap sekolah akan siswa baru dan ruang kelas melalui analisis yang tepat.

Foto: Ilustrasi, penerimaan peserta didik baru perlu (PPDB)

“Hal ini dapat mencegah penumpukan pendaftar di sekolah tertentu dan memastikan pendaftaran tersebar secara merata,” kata dia.

Selain itu, Zainal menekankan perlunya evaluasi terhadap sistem zonasi dalam PPDB. Meskipun sistem ini sudah diterapkan, masih ada kendala terkait perekrutan siswa berdasarkan zona.

“Saya minta semua pihak dapat aktif berpartisipasi dalam menyempurnakan pelaksanaan PPDB agar prosesnya berjalan lancar tanpa masalah signifikan,” demikian Zainal. (adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kejati Bengkulu Tetapkan FL Tersangka Dugaan Kasus Korupsi Pembangunan Jembatan Air Taba Terunjam

22 Juli 2024 - 23:10 WIB

Menjaga Nilai-Nilai Kebangsaan, Gubernur Bengkulu Bersama Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung Nobar Film Nasional Lafran Diikuti 2.000 Orang Penonton

21 Juli 2024 - 20:49 WIB

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 , Kejati Bengkulu Gelar Upacara dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

21 Juli 2024 - 20:18 WIB

Kejati Bengkulu Perkuat Kolaborasi dengan BPK RI

19 Juli 2024 - 22:57 WIB

Kopi Kepahiang Kini Sudah Masuk Pasar Internasional, Pak Sahid Coffee Sudah MoU dengan Kopinada

19 Juli 2024 - 00:00 WIB

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejaksaan Negeri Kepahiang Serahkan Bantuan untuk Masjid Desa Pungguk Meranti

18 Juli 2024 - 23:57 WIB

Trending di Berita Daerah