Menu

Mode Gelap

Berita 23:03 WIB

Dewan Ingatkan Pemprov Bengkulu untuk Seriusi Pengelolaan Kawasan Wisata Pantai Panjang Sesuai dengan Aturan Berlaku


					Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu, Billy Dwitrata Sunardi. (Foto: Dok) Perbesar

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu, Billy Dwitrata Sunardi. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Pemerintah Provinis Bengkulu tahun lalu harus kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pendapatan kawasan wisata Pantai Panjang. Itu diketahui setelah Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Bengkulu melakukan audit.

Penyebab kehilangan PAD tersebut dikarenakan belum adanya regulasi yang mengatur tentang pemungutan pajak dan restribusi daerah khusus kawasan wisata Pantai Panjang sejak diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dari Pemerintah Kota Bengkulu.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Billy Dwitrata Sunardi mengingatkan Pemerintah Provinsi Bengkulu kerugian ini jangan sampai terulang kembali ditahun berikutnya. Pasalnya, PAD sangatlah penting untuk kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pembangunan daerah.

“Kita tidak ingin mendengar lagi ada kehilangan PAD dari aset kawasan Pantai Panjang. Masalah mekanismenya silahkan OPD teknis untuk menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku,” tegas Billy.

Pesona keindahan wisata pantai panjang. (Foto: Ist)

Stakeholder terkait, lanjut Billy, segera menyusun regulasi dan kebijakan untuk melakukan pemungutan pajak dan retribusi daerah dikawasan wisata Pantai Panjang yang salah satu banyak digemari masyarakat tersebut. Pemerintah segerah mengambil kebijakan.

“Pemerintah harus pastikan, jangan mengambang seperti saat ini. Di satu sisi ada kewenangan di Sekdaprov Bengkulu dan di sisi lainnya OPD teknis, sehingga ini menimbulkan kebingungan dan tidak terkelola dengan baik,” pungkasnya.

Pantai Panjang merupakan pantai yang berada di Provinsi Bengkulu. Pantai ini memiliki garis pantai yang mencapai 7 kilometer dan lebar pantai sekitar 500 meter. Ada wacana, Pemerintah Provinsi Bengkulu ditahun ini akan menata kawasan wisata tersebut agar tertib dan rapi dengan melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Aman. (adv)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sukatno Figur Layak Diperhitungkan Maju di Pilgub Bengkulu 2024

22 April 2024 - 15:02 WIB

Pemkot Bengkulu Serahkan Bantuan Beras dan Mie Instan untuk Masyarakat Kabupaten Lebong yang Terkena Banjir

19 April 2024 - 23:30 WIB

Luas Persawahan di Kepahiang Terus Menyusut, Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Maksimalkan Lahan yang Ada

19 April 2024 - 20:47 WIB

Bapenda Tegaskan, Tarif Parkir Sesuai Aturan, Lebih Dari Itu Pungli

18 April 2024 - 22:57 WIB

Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Ditanami Hortikultura

18 April 2024 - 22:01 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Optimis Hasil Panen Padi dan Jagung Lampaui Target Nasional

18 April 2024 - 18:01 WIB

Trending di Bengkulu Utara