X

Dewan Dukung Pemkot Bengkulu Kembali Membuka Lelang Pasar Panorama

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Bengkulu Bustari Nurdin. (Foto: Ist)

Kilas.co.id, Kota Bengkulu – DPRD Kota Bengkulu mendukung langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menyerahkan pasar panorama ke pihak ketiga. Karena, pengelolaan pasar yang selama ini dilakukan OPD dinilai kurang efektif.

Pengelolaan pasar dilakukan pehak ketiga pun, diperkirakan akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun sayangnya, lelang yang sudah dilakukan Pemkot Bengkulu selama 2 kali gagal. Gagal lelang tersebut dikarenakan peserta yang mengikuti tidak memenuhi syarat.

DPRD Kota Bengkulu akan mendukung bila Pemkot Bengkulu kembali membuka lelang pasar tersebut. Seperti dikatakan Sekretaris Komisi III DPRD Kota Bengkulu Bustari Nurdin, jika kembali dibuka lelang, peserta yang mengikuti muda-mudahan memenuhi syarat sesuai aturan yang berlaku.

“Jadi, kalau dikelola pihak ketiga, semua permasalahan di pasar bisa dikelola dengan matang oleh pihak ketiga,” kata Bustari, Minggu 14 Mei 2023 dikutif dari TribunBengkulu.com.

Pasar tradisional Panorama Kota Bengkulu. (Foto: AB)

Namun disamping itu, jika nanti kembali dibuka, pihak ketiga yang jadi pemenang tender, Bustari mengingatkan jangan sampai pengelola hanya berorientasi hanya pada keuntungan semata.

Pengelolaan pasar panorama kata Bustari harus dilakukan dengan humanis, sehingga jangan sampai nanti pedagang atau masyarakat merasa dirugikan ketika mencari rezeki. Maka, dalam kontrak, komitmen semacam ini harus dituangkan.

Sebelumnya, Pemkot Bengkulu sudag membuka lelang pasar panorama tersebut sebanyak 2 kali. Sayangnya, lelang tersebut gagal karena hanya diikuti satu peserta.

Sedangkan, mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2020 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah pada pasal 85 pemilihan dan penetapan mitra pemanfaatan barang milik daerah sekuranya dikuti 3 peserta. (AB)

Redaksi Kilas: