Menu

Mode Gelap

Berita 23:08 WIB

Dewan Dukung Keunggulan Produk Daerah


					Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ihsan Fajri Perbesar

Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ihsan Fajri

Kilas.co.id, Bengkulu – Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri, memberikan dukungan penuh terhadap langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam menjaga keberagaman produk-produk unggulan daerah.

“Langkah itu mencakup upaya serius untuk melindungi produk-produk unggulan melalui pendaftaran Indikasi Geografis (IG), sebagai langkah antisipasi terhadap penyalahgunaan atau pemalsuan,” kata Ihsan Fajri.

Gubernur Rohidin Mersyah menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu telah bersinergi dengan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM untuk memetakan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan hasil karya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki karakteristik khusus dan potensi ekonomi yang besar di masa depan.

“Produk-produk alam hasil bumi Bengkulu, seperti Kopi, Jeruk Kalamansi, Jeruk Gerga, Pisang Enggano, dan Emping Enggano, termasuk tembaga dari daerah Bengkulu Tengah, memiliki nilai ekonomi yang bagus di pasaran,” ungkap Gubernur Rohidin.

Rohidin juga menyoroti hasil karya SDM seperti Kain Besurek dan batik-batik yang menjadi ciri khas masing-masing kabupaten. Dia mendorong agar sertifikasi atas produk-produk ini dapat segera dilakukan, lebih baik secara kolektif antar kabupaten untuk meningkatkan jumlah produk yang didaftarkan.

Lebih lanjut, Gubernur Rohidin berencana untuk menerbitkan surat edaran kepada pemerintah daerah, instansi vertikal, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengenakan Batik Ciri Khas daerah masing-masing setiap hari Kamis.

“Kami ingin seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Bengkulu memperkenalkan produk lokal kain batik khas daerah masing-masing kepada masyarakat guna meningkatkan ketertarikan dan membantu peningkatan ekonomi daerah,” jelas Rohidin. (adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sukatno Figur Layak Diperhitungkan Maju di Pilgub Bengkulu 2024

22 April 2024 - 15:02 WIB

Pemkot Bengkulu Serahkan Bantuan Beras dan Mie Instan untuk Masyarakat Kabupaten Lebong yang Terkena Banjir

19 April 2024 - 23:30 WIB

Luas Persawahan di Kepahiang Terus Menyusut, Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Maksimalkan Lahan yang Ada

19 April 2024 - 20:47 WIB

Bapenda Tegaskan, Tarif Parkir Sesuai Aturan, Lebih Dari Itu Pungli

18 April 2024 - 22:57 WIB

Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Ditanami Hortikultura

18 April 2024 - 22:01 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Optimis Hasil Panen Padi dan Jagung Lampaui Target Nasional

18 April 2024 - 18:01 WIB

Trending di Bengkulu Utara