Menu

Mode Gelap

Berita 22:04 WIB

Dewan Berikan Tips untuk Umat Islam di Bengkulu Sebelum Memasuki Bulan Ramadhan


					Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Gunadi Yunir. (Foto: Ist) Perbesar

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Gunadi Yunir. (Foto: Ist)

Kilas.co.id, Bengkulu – Bulan Suci Ramadahan 1445 H tinggal hitungan hari. Bulan yang ditunggu-tunggu umat islam hampir diseluruh dunia ini banyak membawah berkah dan pengampunan atas dosa-dosa yang sebelumnya mungkin pernah dilakukan.

Agar dapat menjalankan dan melalui Bulan Suci Ramadahan dengan penuh hikmat, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Gunadi Yunir memberikan saran terutama untuk masyarakat Provisni Bengkulu selama menjalakan puasa dibulan Ramadhan.

Pertama pesannya, penting adanya persiapan holistik, atau sebagai cara pandang yang menyeluruh atau secara keseluruhan. “Untuk memaksimalkan manfaat bulan penuh berkah tersebut,” pesannya Gunadi.

Menurutnya, ramadhan bukan hanya tentang puasa fisik, tetapi juga sebuah perjalanan spiritual dan penguatan mental. Oleh karena itu, persiapan yang matang diperlukan agar kita dapat menghadapi bulan suci ini dengan penuh kesadaran dan penghayatan yang mendalam.

Selain itu, Gunadi melanjutkan, hendaknya umat muslim selama menjalankan puasa juga harus memperhatikan kesehatan tubuh, dengan cara memperbanyak mengosumsi makanan bergizi dan perbanyak minum air putih saat berbuka atau sahur agar tubuh tetap bugar selama Ramadhan.

Selain itu, Gunadi juga menyarankan agar masyarakat mempersiapkan diri secara mental dan spiritual. Karena bulan Ramadhan merupakan waktu untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Gunadi Yunir. (Foto: Ist)

“Mulailah merenung, berintrospeksi, dan memperbaiki diri agar kita dapat mengambil manfaat maksimal dari bulan suci ini,” kata Gunadi.

Sebagai informasi, bulan Ramadhan adalah bulan yang memiliki makna dan keistimewaan tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap tahun, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan sebagai salah satu dari lima rukun Islam.

Selama bulan Ramadhan Tidak hanya sekadar sabar menahan lapar dan dahaga saja, tetapi lebih dari itu. Kesabaran yang dimaksud adalah sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, sabar dalam menghadapi musibah dari Allah, dan sabar dalam menjauhi kemaksiatan.

Selama bulan Ramadhan, umat muslim yang puasa diwajibkan untuk memperbanyak amal kebaikan, termasuk memberikan sedekah dan membantu sesama yang membutuhkan. Hikmah lainnya dari puasa Ramadhan adalah melatih disiplin diri dan kekuatan fisik. Menahan diri dari makan dan minum selama sehari penuh membutuhkan kekuatan fisik yang kuat. (adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dewan Ingatkan Pemudik Untuk Mengedepankan Kewaspadaan Saat Mudik Lebaran

13 April 2024 - 22:48 WIB

Mudik Kampung Halaman Istri (KAUR) Produktif, Penyuluh Agama Binduriang Sampaikan Pesan Dakwah Mimbar Jum’at

12 April 2024 - 18:56 WIB

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu, Gubernur Prof Rohidin Pesan Agar Masyarakat Teruskan Nilai Ibadah Berkualitas

10 April 2024 - 19:12 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Dewan Minta Pemerintah Provinsi Bengkulu Menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur Di Daerah

8 April 2024 - 21:05 WIB

Trending di Pemerintahan