Menu

Mode Gelap

Berita 14:14 WIB

Dewan Apresiasi Lomba Layangan Dengung yang Digagas Karang Taruna Desa Pekik Nyaring


					Anggota DPRD Provinis Bengkulu, Sujono. (Foto: Dok) Perbesar

Anggota DPRD Provinis Bengkulu, Sujono. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Permainan layang-layang merupakan permainan tradisional yang sejak dulu sudah ada. Saat ini permainan layang-layang masih banyak digemari masyarakat. Bahkan uniknya ada yang membuat dengan berbagai pariasi dan ukuran, seperti layang-layang dengung.

Layang-layang dengung adalah layang-layang yang dapat menghasilkan suara diudara saat terbang. Cara mengendalikanya sama seperti layang-layang pada umumnya. Pembuatanya juga menggunakan bahan yang sama, seperti plastik atau kertas.

Permainan ini sering kali diperlombakan, terutama di perdesaan. Salah satunya belum lama ini di Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Organisasi karang taruna, Desa Pekik Nyaring, tepatnya di blok 4.

Pemuda yang tergabung dalam karang taruna dengan semangat memperlombakan layang-layang dengung. Kegiatan ini banyak diikuti pemuda dari desa lain. Sehingga mendapat apresiasi dari anggota DPRD Provinis Bengkulu, Sujono.

Pembukaan lomba layang-layang di Desa Pekik Nyaring. (Foto: Ist)

Sujono yang sengaja hadir dalam pembukaan lomba layang-layang itu memberikan dukungan agar permainan tradisional ini tetap terlestarikan dengan memberikan uang pembinaan untuk memeriahkan acara.

“Kita mendukung giat tradisional masyarakat layangan dengung ini, semoga lestari. Apalagi permainan layangan ini digemari dari anak-anak hingga dewasa,” katanya.

Atas bantuan yang ia berikan, Sujono berpesan semoga bermanfaat. “Semoga uang ini memberikan manfaat, karena ini sifatnya pembinaan,” tandasnya. (adv)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kejati Bengkulu Tetapkan FL Tersangka Dugaan Kasus Korupsi Pembangunan Jembatan Air Taba Terunjam

22 Juli 2024 - 23:10 WIB

Dedi Ermansyah Dapat Rekomendasi DPP Nasdem untuk Calon Walikota Bengkulu Bengkulu

22 Juli 2024 - 22:04 WIB

Menjaga Nilai-Nilai Kebangsaan, Gubernur Bengkulu Bersama Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung Nobar Film Nasional Lafran Diikuti 2.000 Orang Penonton

21 Juli 2024 - 20:49 WIB

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 , Kejati Bengkulu Gelar Upacara dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

21 Juli 2024 - 20:18 WIB

DPD Partai Hanura Bengkulu Sepakat Oesman Sapta Odang Jadi Ketum

21 Juli 2024 - 00:10 WIB

Kejati Bengkulu Perkuat Kolaborasi dengan BPK RI

19 Juli 2024 - 22:57 WIB

Trending di Berita