Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 23:35 WIB

DPPKBP3A Kepahiang Rangkul PIK-R untuk Cegah Pernikahan Dini


					Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

Kilas.co.id, Kepahiang – Pernikahan dini dikalangan remaja di Kabupaten Kepahiang masih kerap terjadi. Berdasarkan data dua tahun silam, pernikahan dini di Kabupaten Kepahiang capai 58 kasus.

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Kepahiang saat ini merangkul Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) yang ada di sekolah dan di desa. Selain itu juga berkolaborasi dengan Kemenag dan Pengadilan Agama guna memberikan penyuluhan terkait penikahan dini.

Hal itu kenapa dilakukan, mereka yang belum siap menjalin rumah tangga sering kali permasalahan di rumah tangga berujung ke perceraian. Selain itu pernikahan dini rawan dari sisi psikologis, juga sangat beresiko dari sisi kesehatan dan berpengaruh pada tumbuh kembang anak, bahkan dapat menyebabkan stunting pada anak.

Kantor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kepahiang. (Foto: Andes)

“Masalah perniikahan dini masih menjadi isu nasional, dan banyak terjadi di lingkungan pedesaan. Banyak keluarga baru tak berencana lantaran terlau dini usia pasangan. Sehingga masih banyak masalah yang tak bisa dipecahkan karena belum dewasanya usia pasangan. Ini menjadi masalah bersama, nah harapan kami melalui PIK-R ini permasalahan remaja yang rentan nikah dini bisa diselesaikan,” kata kepala DPPKBP3A, Linda Rospita.

Keberadaan PIK-R ini, lanjut Linda sangat membantu pihaknya mensosialisasikan program-program pembinaan remaja, termasuk juga menampung aspirasi para remaja.

“PIK-R sangat membantu kami, apalagi ini organisasi yang positif. PIK-R diharapkan mampu menjadi tempat bagi remaja yang tengah mengalami permasalahan pribadi untuk berkonsultasi dan menemukan solusinya,” ujarnya. (AB)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dewan Ingatkan Pemudik Untuk Mengedepankan Kewaspadaan Saat Mudik Lebaran

13 April 2024 - 22:48 WIB

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu, Gubernur Prof Rohidin Pesan Agar Masyarakat Teruskan Nilai Ibadah Berkualitas

10 April 2024 - 19:12 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Dewan Minta Pemerintah Provinsi Bengkulu Menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur Di Daerah

8 April 2024 - 21:05 WIB

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Zulasmi Octarina Mengajak Masyarakat Menikmati Objek Wisata Lokal Saat Libur Lebaran

7 April 2024 - 21:32 WIB

Trending di Pemerintahan