Menu

Mode Gelap

Pemkot Bengkulu 22:14 WIB

BPBD Dirikan Dua Posko Sekitar Kawasan Pantai Panjang Selama Libur Lebaran 2024


					Objek wisata Pantai Panjang. (Foto: HS) Perbesar

Objek wisata Pantai Panjang. (Foto: HS)

Kilas.co.id, Kota Bengkulu – Selama libur Lebaran 2024, Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu akan melakukan pastroli dengan mendirikan posko di sekitar kwasan wisata Pantai Panjang.

Posko itu nanti akan dijaga oleh tim gabungan yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Kepala BPBD Kota Bengkulu WillHopi mengatakan, khusus posko BPBD akan didirikan dua titik. Untuk penjagaan posko BPBD sendiri lebih fokus pada penjagaan masyarakat yang melakukan kunjungan wisata dan mencegah masyarakat mandi dikawasan pantai yang dilarang agar tidak terjadi musibah tenggelam.

“Dalam penjagaan ini akan melibatkan ratusan personel yang dibagi dalam dua shift penjagaan. Dengan ketatnya penjagaan ini pemerintah kota berharap tidak akan ada insiden yang terjadi dalam perayaan lebaran 1445 hijriah tahun ini,” jelasnya, Jumat, 29 Maret 2024.

Hal ini dilakukan, mengingat wisata pantai panjang sering kali memakan korban jiwa wisatawan yang tenggelam. “Iya betul, kebanyakan korban berasal dari luar daerah Bengkulu yang memang berenang sembarangan tanpa menghiraukan larangan yang ada,” ujarnya.

BPBD juga memberikan imbauan agar para pengunjung tak mandi di kawasan wisata pantai panjang. Melihat kasus sebelumnya sudah banyak warga yang tenggelam dikawasan tersebut.

“Sekali lagi, kita minta jangan mandi di pantai karena sangat berisiko apalagi disaat orang lagi ramai, terutama untuk pengunjung yang berasal dari luar Kota Bengkulu. Kita berharap masyarakat mengindahkannya agar tak terjadi kejadian-kejadian yang tak diinginkan,” pungkasnya.

Selain itu, Willhopi juga mengimbau masyarakat agar selalu memperhatikan protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah demi meminimalisir kejadian yang tak diinginkan. (HS)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sebelum Menikah, Kini Calon Pengantin Harus Memiliki Sertifikat Elsimil

16 Mei 2024 - 23:31 WIB

Taufik Tegaskan Bantuan Benih Padi Dari Pemerintah Pusat Jangan Perjual Belikan

15 Mei 2024 - 23:34 WIB

Hewan Kurban Iduladha Harus Miliki SKKH

15 Mei 2024 - 23:10 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Salurkan Bantuan Bibit Cabe Dari Pemerintah Pusat Untuk Kelompok Tani

14 Mei 2024 - 23:57 WIB

Dukling Stanby di Selebar, Beri Layanan Perekaman Hingga Ganti Foto KTP

13 Mei 2024 - 23:42 WIB

Agar Terlihat Rapi dan Terawat, Dinsos Pangkas Rumput di Makam Pahlawan

12 Mei 2024 - 22:20 WIB

Trending di Berita