Menu

Mode Gelap

Berita 23:59 WIB

Bela Perangkat Desa, Edwar Samsi Minta Bupati Kepahiang Berhentikan Sementara Kepala Desa Suro Muncar


					Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi. (Foto: Dok) Perbesar

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Bengkulu – Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, menyoroti tindakan oknum Kepala Desa (Kades) yang memecat perangkat desa secara sepihak setelah terpilih menjadi Kepala Desa. Hal ini terjadi meskipun Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), telah memerintahkan agar kepala desa tersebut mengembalikan jabatan perangkat desa yang telah dicopot.

Edwar Samsi menegaskan bahwa, Bupati Kepahiang harus bertindak tegas terhadap oknum kepala desa tersebut. Ia meminta agar kepala desa tersebut diberhentikan sementara, hingga keempat perangkat desa yang dicopot kembali bekerja.

“Kita meminta kepada pak Bupati agar memberhentikan sementara, selama mereka punya keinginan untuk mengangkat perangkat desa yang selama ini diberhentikan. Kalau tidak melaksanakan itu, Kades bisa diberhentikan secara permanen,” ungkap Edwar samsi.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi. (Foto: Dok)

Menurut Edwar, tindakan kepala desa tersebut bisa dikategorikan sebagai tindak pidana dan dapat dilaporkan ke pihak berwajib. Selain itu, ia juga menyarankan agar kepala desa tersebut diberhentikan selamanya dari jabatannya karena tidak menindaklanjuti putusan PTUN.

“Yang kedua, harus dilaporkan ke polisi kalau memang perangkat desa merasa dirugikan. Karena sudah melalui putusan PTUN. Ketika mereka tidak melaksanakan itu , saya kira memang sepantasnya untuk dilaporkan,” tambahnya.

Dengan demikian, Edwar Samsi berharap agar kasus ini dapat segera diselesaikan dengan adil dan menegaskan bahwa tidak ada toleransi terhadap oknum yang bertindak di luar hukum dan merugikan masyarakat.

Sebelumnya, Kades Suro Muncar, Kecamatan Ujan Mas, Kepahiang telah memecat 4 orang anak buahnya secara sepihak yang bergulir sampai ke PTUN Palembang. Dari amar putusan, kades harus mengemablikan posisi anak buahnya menjadi perangkat desa di desa tersebut. (adv)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pemkot Bengkulu Serahkan Bantuan Beras dan Mie Instan untuk Masyarakat Kabupaten Lebong yang Terkena Banjir

19 April 2024 - 23:30 WIB

Luas Persawahan di Kepahiang Terus Menyusut, Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Maksimalkan Lahan yang Ada

19 April 2024 - 20:47 WIB

Bapenda Tegaskan, Tarif Parkir Sesuai Aturan, Lebih Dari Itu Pungli

18 April 2024 - 22:57 WIB

Dinas Pertanian Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Ditanami Hortikultura

18 April 2024 - 22:01 WIB

Dinas Pertanian Kepahiang Optimis Hasil Panen Padi dan Jagung Lampaui Target Nasional

18 April 2024 - 18:01 WIB

Pemkot Bengkulu Minta Developer Perumahan Menyerahkan PSU

18 April 2024 - 15:06 WIB

Trending di Pemerintahan