Menu

Mode Gelap

Berita 23:45 WIB

ASN Pemkab Kepahiang Diminta Upgrade Pengetahuan Terkait Aplikasi SIPD


					Kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Kepahiang Nomor 18 tahun 2023 tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Daerah, Rabu, 19 Juni 2024. (Foto: Dok) Perbesar

Kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Kepahiang Nomor 18 tahun 2023 tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Daerah, Rabu, 19 Juni 2024. (Foto: Dok)

Kilas.co.id, Kepahiang – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintahan Kabupaten Kepahiang diminta untuk membackup seluruh perencanaan pekerjaan di aplikasi Excel walaupun sudah diinput dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Hal itu dilakukan karena, Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kemendagri saat ini sedang melakukan perbaikan untuk optimalisasi SIPD. Dampaknya, beberapa data perencanaan pembangunan daerah yang sudah diinput dalam aplikasi SIPD sebagian harus diinput ulang.

“Kawan-kawan OPD harus membackup pekerjaan dalam bentuk manual Exel. Jadi tiba-tida data gagal input maka masih ada backup,” kata Dishaidil Fitrihaidi Kepala Bidang (Kabid) Akuntansi dan Pelaporan BKD Kabupaten Kepahiang dalam kegiatan sosialisasi peraturan Bupati Kepahiang Nomor 18 Tahun 2023 tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang, Rabu, 19 Juni 2024 di aula command center.

Dishaidil juga mengingatkan, saat melakukan input data diaplikasi SIPD, diupayakan jagan sampai ada yang salah. Karena apabila ada yang salah, untuk sampai saat ini kata susah untuk diperbaiki.

“Usahakan penginput itu jangan sampai salah, karena apabila ada yang salah, kita mau koreksi untuk saat ini susah untuk memperbaiki,” terangnya.

Menanggapi teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, lanjut Dishaidir, admin yang menangani aplikasi SIPD di seluruh OPD Pemerintah Kabupaten Kepahiang juga harus update pengetahuan.

Saran yang ditawarkannya yaitu rutin mempelajari seluruh tatacara kerja, terutama berkaitan dengan pekerjaan yang bergantung dengan aplikasi. Seperti belajar mandiri dengan cara rutin belajar di YouTube yang telah dibuat oleh daerah lain.

“Dengan cara belajar mandiri dan rutin dipraktekkan,” pungkas Dishaidil.

Untuk diketahui, SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah.

SIPD berperan dalam menyediakan informasi kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga menghasilkan layanan informasi pemerintahan daerah yang saling terhubung atau terintegrasi serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan efisien. (Ndes)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kopi Kepahiang Kini Sudah Masuk Pasar Internasional, Pak Sahid Coffee Sudah MoU dengan Kopinada

19 Juli 2024 - 00:00 WIB

Stand Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kepahiang Dinobatkan Stand Paling Kreatif

17 Juli 2024 - 23:30 WIB

Semangati Siswa Baru Mengikuti MATSAMA, Kakankemenag Kepahiang; Jadikan Kegiatan Ini Mengenal Lebih Dalam Madrasah

16 Juli 2024 - 23:12 WIB

Kakankemenag Kepahiang Tegaskan, ASN dan Non ASN untuk Tidak Bermain Judi Online

16 Juli 2024 - 22:41 WIB

Kejati Bengkulu Saat Ini Memiliki Dua Aplikasi Untuk Memberikan Kemudahan Pelayanan Pada Masyarakat

15 Juli 2024 - 23:19 WIB

Pria Buruh Petik Kopi di Kepahiang Ditemukan Gantung Diri di Pohon Jambu

12 Juli 2024 - 23:42 WIB

Trending di Berita