Menu

Mode Gelap

Berita 14:52 WIB

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Usulkan Pemprov Bengkulu Peningkatan Jalan Alternatif dari Kabupaten Bengkulu Tengah Menuju PLTA Musi


					Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali Perbesar

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali

Kilas.co.id, Bengkulu – Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali, mengusulkan peningkatan pembangunan jalan alternatif dari Desa Rena Semanek, Kabupaten Bengkulu Tengah, menuju PLTA Musi, Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang. Usulan ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila kembali terjadi longsor jalur gunung Liku Sembilan Kabupaten Bengkulu Tengah-Kabupaten Kepahiang.

“Pihaknya mendorong agar jalan tersebut ditingkatkan menjadi Jalan Nasional. Usulan tersebut mendapat tanggapan positif dari pemerintah pusat, namun memerlukan waktu yang cukup lama” ujar Tantawi Dali.

Tantawi mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mempercepat realisasi jalur tersebut, terutama mengingat seringnya terjadi gangguan arus lalu lintas akibat longsor atau pohon tumbang di jalur gunung.

Jalan PLTA menuju Susup, Bengkulu Tengah

Dalam setahun terakhir, Balai Pengelola Jalan Nasional juga telah melakukan survei mengenai kelayakan peningkatan jalan didukung tingginya potensi kerawanan jalur gunung.

“Dari hasil survei yang dilakukan oleh Dinas PUPR dan BPJN Wilayah Bengkulu, jalur tersebut memungkinkan untuk ditingkatkan menjadi jalan nasional, dengan memperhatikan lebar jalan dan kontur wilayahnya” tambahnya.

Selain itu, Tantawi juga menyoroti kelayakan jalan penghubung Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Lebong untuk menjadi jalan nasional. Komisi III telah mengusulkan dan meminta pemerintah daerah untuk mengkaji peningkatan jalan tersebut, mengingat menjadi jalur alternatif dan memangkas jarak tempuh bagi pengendara lintas Sumatera. (adv)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dewan Ingatkan Pemudik Untuk Mengedepankan Kewaspadaan Saat Mudik Lebaran

13 April 2024 - 22:48 WIB

Mudik Kampung Halaman Istri (KAUR) Produktif, Penyuluh Agama Binduriang Sampaikan Pesan Dakwah Mimbar Jum’at

12 April 2024 - 18:56 WIB

Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah Provinsi Bengkulu, Gubernur Prof Rohidin Pesan Agar Masyarakat Teruskan Nilai Ibadah Berkualitas

10 April 2024 - 19:12 WIB

Pemkot Bengkulu Dirikan Posko Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran 2024

10 April 2024 - 17:47 WIB

BPBD Mencatat, 575 Warga Terdampak Banjir di Kepahiang

9 April 2024 - 23:58 WIB

Dewan Minta Pemerintah Provinsi Bengkulu Menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur Di Daerah

8 April 2024 - 21:05 WIB

Trending di Pemerintahan