Menu

Mode Gelap

Berita Daerah 23:10 WIB

9 Rekomendasi Wisata dari Disparpora untuk Wisatawan Kunjungi yang Menyajikan Keindahan Alam


					Kepahiang mountain valley/Kebun Teh, salah satu destinasi di kepahiang. Perbesar

Kepahiang mountain valley/Kebun Teh, salah satu destinasi di kepahiang.

Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kepahiang

Kilas.co.id, Kepahiang – Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu salah satu daerah yang banyak menyajikan wisata dengan keindahan alam yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga atau pasangan. Potensi wisata di daerah ini berapa tahun terakhir salah satu program prioritas dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepahiang.

Sehingga daerah ini menjadi daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan diakhir pekan untuk mendapatkan  menikmati keindahan alam.

Lokasi wisatanya pun sangat mudah dijangkau. Hanya beberapa menit dari pusat kota. Begitu juga akses menuju lokasi wisata. Berapa tahun terakhir infrastruktur jalan salah satu prioritas pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Kepahiang. Jadi, wisatawan lokal baik wisatawan domestik akan nyaman berwisata di kabupaten dengan semboyan Bumi Seha Sen ini.

Berikut 9 rekomendasi dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kepahiang wisata yang dapat anda kunjungi.

Kebun Teh Kabawetan

Kebun Teh Kabawetan merupakan objek agrowisata perkebunan teh peninggalan Belanda yang memiliki luas 360.000 hektare. Jika wisatawan berkujung dapat melihat proses pemetikan di pagi hari, dilanjutkan dengan proses pembuatan teh hingga menikmati segelas teh yang telah disediakan pengelola.

Wisata alam ini berlokasi di Jalan Kabawetan, Tangsi Baru, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang. Untuk sampai ke lokasi detikers memerlukan waktu 2 jam atau sekitar 10 kilometer perjalanan.

Bukit Hitam

Dilansir situs Dinas Pariwisata Bengkulu, Bukit Hitam termasuk wisata yang menawarkan keindahan air terjun dan sumber air panas. Bagi Anda yang suka berendam di air panas sambil menikmati panorama air terjun, Bukit Hitam jadi pilihan yang tepat. Sebab, objek wisata ini masih sangat alami.

Danau Suro

Danau Suro termasuk objek wisata yang menawarkan pemandangan indah ditambah dengan berbagai aktivitas seru. Danau ini memiliki luas sekitar 1.800 meter persegi dengan kedalaman 4-6 meter kubik.

Objek Wisata ini menyediakan berbagai fasilitas mulai dari spot mancing, rumah makan terapung, hingga aktivitas menguji adrenalin seperti outbound dan outdoor. Daya tarik unggulan dari Danau Suro adalah mengeksplorasi danau dan bermain air menggunakan rakit motor atau perahu mesin sambil menikmati indahnya langit senja.

Kepahiang Mountain Valley

Dilansir dari situs Dinas Pariwisata Bengkulu, Kepahiang Mountain Valley merupakan wisata alam unggulan berbasis kebun teh. Memiliki luas 360.000 hektare dan terletak di Tugu Rejo, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang.

Wisata ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan suasana perkebunan teh yang asri. Selain itu, terdapat beberapa anjungan sebagai tempat berteduh dan lapangan terbuka untuk menikmati matahari terbenam. Harga tiket masuk ke wisata ini hanya Rp10.000 per orang.

Curug Embun


Curug Embun merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan di Kabupaten Kepahiang. Lokasinya berada di Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai. Air terjun ini memiliki keindahan memesona dengan suasana berembun yang memberikan sensasi unik saat berkunjung.

Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan seringkali terlihat pelangi di lokasi tersebut. Nah, Anda dapat menikmati pesona alam yang menakjubkan ini dengan biaya tiket Rp5000 per orang.

Kebun Kopi Kepahiang

Kebun Kopi Kepahiang berlokasi di daerah Pasar Ujung, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang. Kunjungan dapat dimulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore setiap harinya. Ketika berkunjung, detikers dapat melihat langsung proses pemetikan kopi hingga proses pengolahan produksinya.

Air Terjun Belanda


Desa Air Sempiang, yang terletak di Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, memiliki keindahan alam yang belum banyak tergali. Salah satu daya tarik alamnya adalah air terjun Pipa Belanda yang sering disebut sebagai surga tersembunyi. Sebab, kecantikan dan pesonanya.

Dilansir dari situ Kemenparekraf, air terjun ini masih alami dan merupakan bekas sumber air peninggalan Zaman Belanda. Sehingga dinamakan air terjun Pipa Belanda.

Selain itu, terdapat destinasi Desa Wisata Air Sempiang yang memiliki penangkaran lebah madu, rumah promosi, pengelolaan hasil pertanian, pusat oleh-oleh kripik jipang, dan sewa motor RTV untuk keliling kebun Teh Kabawetan.

Taman Wisata Alam Bukit Kaba


Bukit Kaba atau dikenal juga Gunung Kaba merupakan sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.937 meter di atas permukaan laut dan terletak sekitar 15 km dari Kota Curup.

Tempat ini sangat cocok bagi detikers yang tertarik berpetualang ke gunung. Sebab jalur trekking menuju puncaknya cukup menantang. Pengunjung dapat menikmati waktu di Bukit Kaba dengan bermacam kegiatan seperti berkemah dan menyusuri hutan. Untuk masuk ke wisata ini detikers hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000 per orang

Air Terjun Desa Batu Ampar

Destinasi wisata Desa Batu Ampar di Kebupaten Kepahiang tidak hanya terkenal dengan kekayaan budaya dan tradisi yang unik, juga memiliki banyak pesona ekowisata.

Salah satunya adalah tempat wisata Air Terjun Donok di Desa Batu Ampar, Kepahiang. Air terjun ini tidak hanya sekedar menawarkan pesona alam asri dan rindang namun, juga kesegaran air serta sejuknya udara pegunungan. Tak hanya itu saja, air yang berasal dari mata air alami disela bebatuan juga dapat di minum langsung. Air terjun nan jernih ini tampak mengalir deras menyusuri bebatuan yang membentuk aliran sungai kecil melalui proses alami.

Lokasi air terjun ini dapat di tempuh dari pusat kota dengan perjalanan darat sekitar 2 jam. Air terjun ini terletak di Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Rejang Lebong. Desa Batu Ampar dapat di akses dari simpang RSUD Curup sekitar, 5-10 menit. Dan untuk menuju air terjun donok kita akan melewati perkebunan kopi milik warga yang dapat di akses menggunakan kendaraan roda 2 hingga sampai ke lokasi parkir. Untuk menuju titik lokasi air terjun, wisatwan harus berjalan kaki sekitar 10 menit menuruni anak tangga. Lalu wisatawan harus menyusuri aliran air sungai kecil demi menikmati dan mengabadikan keindahan pesona alam dan air terjun tersebut. (AB)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Customer Business Meeting, PGN Tegaskan Dukungan Pemanfaatan Gas Bumi Industri Secara Berkelanjutan

12 Juli 2024 - 13:36 WIB

Proyek Pipeline dan Beyond Pipeline PGN Tingkatkan Efektifitas Penyaluran Gas Bumi Domestik

11 Juli 2024 - 13:14 WIB

Merebutkan Piala Kemenpora, Atlet Taekwondo Kepahiang Berhasil Raih Emas dan Perak

10 Juli 2024 - 10:59 WIB

DPD KNPI Bengkulu Selatan Minta KPU Beri Penjelasan Atas PKPU No 8 tahun 2024

8 Juli 2024 - 21:29 WIB

Mobil Dinas Direktur PDAM Kepahiang Dibakar, Diduga Ada Unsur Dendam

8 Juli 2024 - 13:50 WIB

Pemda Kepahiang Usulkan THL di Setiap OPD Diangkat Jadi PPPK

6 Juli 2024 - 00:02 WIB

Trending di Berita Daerah